Solusi Mengatasi Lag dan FPS Drop di Genshin Impact Mobile dan PC

Solusi Mengatasi FPS Drop Genshin Impact yang dapat mengatasi masalah game menjadi lambat, lag, dan patah-patah
Mengatasi Lag dan FPS Drop di Genshin Impact

Genshin Impact adalah sebuah game action RPG open-world yang dikembangkan oleh miHoYo. Game ini mengambil latar belakang sebuah dunia fantasi bernama Teyvat, di mana pemain memainkan seorang pemburu yang terdampar di dunia tersebut dan harus menemukan kembali saudaranya yang hilang serta menjelajahi dunia Teyvat dan mengatasi berbagai rintangan yang ada. Game ini memiliki elemen gacha, di mana pemain dapat memperoleh karakter baru melalui proses acak. Genshin Impact tersedia untuk platform seperti PC, PlayStation 4, iOS, dan Android.

Dalam sebuah game apalagi game online tentu akan mengalami yang namanya FPS Drop. FPS drop dalam game Genshin Impact adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan frame rate (frames per second). Hal ini dapat menyebabkan permainan terasa lebih lambat dan kurang responsif, dan juga memengaruhi pengalaman visual secara keseluruhan.

Nah untuk kamu yang mengalami FPS Drop di Genshin Impact tidak usah khawatir. Karena pada artikel kali ini Indovirtus akan membahas penyebab dan bagaimana cara mengatasi FPS Drop di Genshin Impact. Langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab FPS Drop di Genshin Impact

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan FPS drop pada Genshin Impact, antara lain:

1. Konfigurasi Hardware

Genshin Impact membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk berjalan dengan lancar. Jika spesifikasi komputer atau perangkat mobile kamu tidak memenuhi syarat, kamu mungkin mengalami masalah FPS.

2. Pemakaian Sumber Daya yang Berlebihan

Banyak aplikasi yang berjalan sekaligus dapat menyebabkan penurunan kinerja komputer atau perangkat mobile kamu, termasuk Genshin Impact.

3. Masalah Koneksi Internet

Genshin Impact membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk berjalan dengan baik. Jika kamu mengalami gangguan atau penurunan kecepatan internet, kamu mungkin mengalami masalah FPS.

4. Masalah Pada Game Client

Beberapa masalah internal pada klien game dapat menyebabkan FPS drop, seperti bug atau masalah dengan pembaruan.

Cara Mengatasi FPS Drop di Genshin Impact

1. Restart Perangkat

Terkadang semua masalah yang ada hanya membutuhkan satu solusi mudah yakni restart PC atau Smartphone kamu. Percaya atau tidak, sebagian besar gangguan FPS Drop bisa diselesaikan hanya dengan merestart perangkat.

2. Nonaktifkan Efek yang Tidak Penting

Matikan efek-efek yang ada
Matikan efek-efek yang ada

miHoYo menyediakan sejumlah efek grafis yang akan membuat pengalaman bermain Genshin Impact lebih menyenangkan. Namun yang perlu kamu ketahui adalah fitur-fitur tersebut hanya dapat digunakan dengan lancar pada perangkat kelas atas.

Sejumlah pemain Genshin Impact banyak yang belum paham tentang efek-efek grafis yang dihadirkan miHoYo. Efek grafis tersebut akan membebani kinerja GPU sehinga membuat game menjadi lebih berat dan patah-patah.

Karena hal tersebut, Indovirtus sarankan kepada kamu untuk menonaktifkan efek yang tidak diperlukan agar kinerja GPU lebih enteng. Kamu dapat menonaktifkan efek Anti-aliasing, Bloom, Motion Blur, dan efek Co-op agar Genshin Impact berjalan lebih lancar dan yang terpenting bersyukurlah!

3. Atur FPS Sesuai dengan Spesifikasi Perangkat

atur fps genshin impact
Atur FPS ke 30 saja

Jika dengan FPS ada di angka 60 masih terasa lag, kamu dapat menurunkannya. Untuk mengurangi lag saat bermain Genshin Impact, kamu dapat mengatur FPS sesuai dengan spesifikasi perangkat kamu gunakan. Jika spesifikasi perangkat kamu di bawah rata-rata yang direkomendasikan miHoYo, atur maksimal FPS cukup di angka 30 saja.

Untuk mengatur FPS kamu dapat mengaturnya pengaturan grafis. 

4. Turunkan Kualitas Grafis

Cara yang kedua masih terkait pengaturan dalam game Genshin Impact. Dalam game Genshin Impact baik itu di laptop, PC dan HP ada 5 settingan grafis default yang dipilih pengguna yaitu terendah (lowest), rendah (low), normal, tinggi (high), dan tertinggi (highest).

Jika perangkat kamu memang tidak mampu, maka jangan dipaksakan. Cukup jalankan Genshin Impact di kualitas grafis terendah saja dan bersyukurlah!

5. Tutup Aplikasi Lain Sebelum Bermain Genshin Impact

tutup aplikasi lain selain Genshin Impact
Source: androidauthority.com

Cara berikut ini sangat penting untuk diterapkan baik untuk kamu yang bermain Genshin Impact di PC maupun mobile (Android/iOS). Kamu harus menutup semua aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Aplikasi yang masih terbuka di latar belakang akan terus aktif dan ikut memakan penggunaan RAM. Selain itu aplikasi-aplikasi yang masih terbuka di latar belakang tersebut juga akan menggunakan koneksi internet yang seharusnya dimaksimalkan hanya untuk Genshin Impact.

Untuk menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, bagi yang bermain di PC kamu dapat menggunakan Task Manager. Dan untuk yang bermain Genshin Impact di mobile dapat menutup semua aplikasi di Recent app.

6. Bermain di Koneksi Internet yang Lancar

Gameplay patah-patah di Genshin Impact tidak hanya disebabkan oleh spesifikasi perangkat yang digunakan kurang mumpuni, namun juga bisa disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil atau sedang gangguan.

Sebelum bermain, ada baiknya kamu cek ping dan koneksi internet agar gameplay kamu tidak terganggu. Kamu dapat mengecek koneksi internet melalui situs speedtest.net atau melihat ping yang tertera di pojok kanan atas layar. Kamu juga dapat membaca artikel Indovirtus tentang cara mengatasi ping tinggi Genshin Impact pada link di bawah.

7. Periksa Game Client Genshin Impact

Dalam beberapa kasus terutama untuk Genshin Impact PC adalah game client yang rusak sehingga menyebabkan FPS Drop. Kamu dapat melakukan install ulang Genshin Impact kamu untuk memperbaiki hal tersebut.


Penutup

Sekian pembahasan Indovirtus mengenai cara mengatasi lag dan FPS Drop di Genshin Impact. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan di kolom komentar. Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan update informasi menarik lainnya tentang Genshin Impact, terima kasih.

Hobi menonton film dan bermain game FPS, kurang suka tidur di malam hari, lebih suka tidur di pagi hari.

Posting Komentar