6 Cara Mengatasi Ping Tinggi dan Lag di Genshin Impact

Cara mengatasi Ping tinggi dan lag di Genshin Impact. Dengan ping Genshin Impact yang rendah maka tidak akan ada lagi patah-patah saat bermain.
Mengatasi Ping Tinggi dan Lag di Genshin Impact

Sejak dirilis oleh miHoYo pada September 2020, banyak pemain yang mengalami masalah lag dan ping tinggi di Genshin Impact. Ping ini terus meningkat sepanjang gameplay, terutama di saat combat kaotis.

Ping di game Genshin Impact merupakan indikator yang menunjukkan apakah jaringan dari pemain cukup baik untuk bermain game atau tidak. Jika ping menunjukkan warna merah dengan nilai tinggi, itu berarti ada masalah terhadap jaringan. Sebaliknya jika ping berwarna hijau dengan nilai rendah di bawah seratus, maka jaringan tidak mengalami masalah dan dapat bermain Genshin Impact dengan lancar.

Nah untuk kamu yang sedang mengalami ping tinggi di Genshin Impact jangan khawatir. Karena pada pembahasan kali ini Indovirtus akan memberikan beberapa cara yang direkomendasikan oleh komunitas pemain Genshin Impact. Langsung sama disimak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab Ping Tinggi di Genshin Impact

Dalam kebanyakan kasus, ping tinggi pada Genshin Impact disebabkan oleh kesalahan sementara dalam game, dan masalah kesulitan berkomunikasi dengan servernya. Untuk memperbaikinya, cukup mulai ulang game agar client memuat ulang file game Genshin Impact.

Cara Mengatasi Ping Tinggi Genshin Impact

Cara-cara di bawah ini dapat kamu gunakan untuk menurunkan ping tinggi pada Genshin Impact di berbagai platform seperti PC dan Mobile.

1. Gunakan VPN Cloudflare

Gunakan Warp Cloudflare
Gunakan Warp Cloudflare

Cara pertama dan paling utama yang dapat kamu lakukan untuk membuat ping Genshin Impact yang awalnya 300+ menjadi berwarna hijau adalah dengan menggunakan VPN. Untuk kamu yang bertanya-tanya apakah diperbolehkan untuk menggunakan VPN dari pihak miHoYo? Jawabannya adalah boleh dan legal. Kamu dapat mengunduh Cloudflare PC maupun Android/iOS pada link di bawah ini.

Download Cloudflare

Download aplikasi resolver DNS VPN Cloudflare, dan periksa 1.1.1.1 dengan opsi WARP dan 1.1.1.1 di aplikasi lalu periksa mana yang akan berfungsi, juga tersedia di Android dan iOS. Jika tidak berhasil, coba terapkan DNS secara manual, gunakan 1.1.1.1/1.0.0.1, Cloudflare DNS atau 8.8.8.8/8.8.4.4, Google DNS (sebaliknya). Jika dua cara tadi tidak berfungsi sama sekali, kamu dapat mencoba menggunakan Aplikasi VPN lainnya, seperti ProtonVPN, ExpressVPN, Surfshark, dan lainnya.

Perhatian: Hindari penggunaan VPN saat ingin melakukan Top Up di dalam game, karena takutnya transaksi mengalami kegagalan dan masalah lainnya.

2. Gunakan Jaringan Internet yang Stabil

Cara berikutnya adalah kamu dapat memeriksa koneksi internet kamu terlebih dahulu. Periksa apakah penyedia Wi-Fi kamu sedang mengalami gangguan atau tidak. Karena busa saja penyebab ping tinggi di Genshin Impact karena provider Wi-Fi sedang mengalami gangguan.

Apabila dirasa jaringan Wi-Fi kurang stabil untuk digunakan bermain Genshin Impact, kamu dapat menggunakan data seluler. Karena pada kondisi tertentu data seluler dapat lebih baik dibanding koneksi Wi-Fi.

Penting: Koneksi internet dengan kecepatan tinggi tidak berpengaruh untuk mengatasi ping tinggi. Untuk mendapatkan ping berwarna hijau di Genshin Impact yang dibutuhkan adalah koneksi internet yang stabil.

3. Turunkan Kualitas Grafis

Atur Graphics Quality Genshin Impact
Atur Graphics Quality

Kualitas grafis yang kamu gunakan juga memengaruhi ping kamu loh. Semakin tinggi grafis yang dipilih maka membutuhkan koneksi internet yang lebih stabil juga. Untuk itu, Indovirtus menyarankan agar kamu menurunkan settingan grafis ke Medium saja. Karena ini merupakan settingan rata-rata yang tidak membutuhkan koneksi lebih namun tetap enak dipandang oleh mata dan tidak mengurangi pengalaman bermain.

4. Gunakan Server yang Tepat untuk Wilayah Kamu

Pilih server yang tepat di Genshin Impact
Pilih server yang tepat

Untuk platform Android, iOS, dan Windows, Genshin Impact memberi kamu opsi untuk memilih server kamu sendiri. Namun, memilih server game yang jauh dari wilayah kamu dapat menyebabkan kelambatan dan ping tinggi pada game.
  • Pertama, buka Genshin Impact di perangkat kamu.
  • Di layar utama, kamu akan melihat tombol Server di bawah tombol Start Game.
  • Terakhir, ketuk tombol Server dan pilih server terdekat untuk wilayah kamu. Seperti contohnya, kita sekarang berada di Indonesia maka pilihlah server Asia.
Jika kamu mengalami ping tinggi di Genshin Impact, cobalah untuk memilih server terdekat untuk wilayah kamu untuk mengurangi latensi di jaringan kamu. Setelah selesai, mulai permainan dan amati apakah kamu masih akan mengalami kelambatan dan penundaan saat bermain. Sayangnya, untuk pengguna PS4, Genshin Impact secara otomatis menghubungkan kamu ke wilayah tempat akun PSN kamu terdaftar.

5. Tutup Semua Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ping tinggi di sebagian besar game juga bisa disebabkan oleh aplikasi lain yang belum ditutup di perangkat kamu. Karena aplikasi yang tetap berjalan pada latar belakang masih menggunakan bandwidth internet selama mereka tidak ditutup. Jika kamu mengalami High Ping di Genshin Impact, cobalah untuk menutup aplikasi yang tidak perlu di perangkat kamu.

6. Clear Cache dan Data 

Ping tinggi tidak hanya disebabkan oleh jaringan saja, terkadang penerimaan sinyal dari smartphone yang buruk merupakan salah satu penyebab dari timbulnya ping tinggi Genshin Impact. Maka dari itu, kamu dapat membersihkan smartphone kamu melalui fitur yang disediakan di pengaturan ataupun menggunakan aplikasi pembersih pihak ketiga yang tersedia di Google Play maupun AppStore.<

Penutup

Itu dia tadi sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk membuat ping Genshin Impact menjadi rendah dan berwarna hijau. Dengan ping yang rendah maka pengalaman bermain Genshin Impact pun akan semakin seru dan menyenangkan. Karena game akan berjalan lancar tanpa lag dan patah-patah.

Ikuti Indovirtus di Google News, agar tidak ketinggalan informasi bermanfaat dan menarik lainnya tentang Genshin Impact, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar