Cara Mengatasi FPS Drop Ngeframe di Mobile Legends

Penyebab dan cara mengatasi FPS Drop atau ngeframe saat bermain Mobile Legends di hp kentang.
Cara Mengatasi FPS Drop Ngeframe di Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah game multiplayer online battle arena (MOBA) yang dikembangkan oleh pengembang asal China yakni Moonton. Game ini memungkinkan pemain untuk bermain bersama dengan empat pemain lainnya untuk bersaing melawan lima pemain lain dalam sebuah tim lawan. Tujuan utama dari game ini adalah untuk menghancurkan basis musuh yang berada di ujung map.

Dalam sebuah game apalagi game tersebut dimainkan online akan ada yang namanya FPS Drop. FPS drop atau pemain ML di Indonesia sering menyebutnya dengan ngeframe adalah penurunan frame rate (jumlah frame yang ditampilkan per detik). Frame rate yang rendah dapat menyebabkan permainan terasa lambat dan tidak lancar, yang dapat menurunkan pengalaman bermain.

Nah untuk kamu yang sering mengalami FPS Drop saat bermain Mobile Legends tentunya sangat terganggu bukan? Tenang saja, pada artikel kali ini Indovirtus akan membahas penyebab dan cara mengatasi FPS Drop di ML agar game kamu berjalan lancar dan dapat meraih kemenangan.

Penyebab FPS Drop di Mobile Legends

Banyak hal yang dapat menyebabkan FPS drop di Mobile Legends, termasuk spesifikasi smartphone yang rendah alias kentang, pengaturan grafis yang tinggi, kinerja hardware yang buruk, dan konflik dengan aplikasi lain yang berjalan seiring dengan permainan.

Cara Mengatasi Ngeframe di Mobile Legends

1. Mengatur Kualitas Grafis Mobile Legends

Pengaturan Grafis Mobile Legends
Pengaturan Grafis Mobile Legends

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menurunkan kualitas grafis ML kamu. Jika HP kamu memang tidak memiliki spesifikasi yang tinggi, maka turunkan kualitas grafis. Jangan memaksakan untuk memainkan ML di kualitas grafis High apalagi Ultra.

Ingat kata pepatah, kualitas grafis nomor sekian, menang nomor satu. Nah, untuk mendapatkan kemenangan tentunya harus didukung dengan kelancaran saat pertandingan.

2. Nonaktifkan Aplikasi Lain

Jika kamu ingin bermain Mobile Legends dengan lancar, hal yang harus kamu lakukan sebelum mulai bermain adalah menutup semua aplikasi lain yang masih berjalan di latar belakang. Untuk menutup aplikasi yang sedang dibuka adalah dengan cara membuka Recent app lalu klik Close all.

Aplikasi yang aktif dilatar belakang ini akan terus membebani ram dan akan terus terhubung ke koneksi internet. Dengan menutup aplikasi lain selain Mobile Legends akan membuat perangkat kamu hanya fokus ke Mobile Legends sehingga permainan kamu menjadi lebih lancar.

3. Nonaktifkan Mode High Frame Rate

Nonaktifkan Mode HFR
Nonaktifkan Mode HFR

Moonton memang menyediakan fitur High Frame Rate (HFR) yang dapat membuat game menjadi tampak lebih lancar dan pergerakannya lebih halus. Namun bagi sebagian perangkat, menggunakan fitur ini akan menyebabkan sejumlah masalah yang salah satunya adalah FPS Drop. Tidak hanya FPS Drop, menggunakan fitur ini juga dapat membuat baterai lebih cepat habis bahkan jika kamu memaksakan untuk menghidupkan fitur HFR ini akan membuat game Mobile Legends kamu crash.

Jadi untuk kamu yang mengalami ngeframe, dapat mencoba untuk menonaktifkan fitur HFR terlebih dahulu, lalu lihat perbedaannya.

4. Beli Smartphone Baru

Tips yang ini mungkin yang paling ampuh dalam mengatasi masalah FPS Drop di game Mobile Legends. Mungkin perangkat kamu yang memang sudah tidak mampu memainkan game Mobile Legends di High Frame Rate.

Indovirtus sarankan untuk kamu membeli perangkat kelas atas agar game Mobile Legends berjalan lebih lancar tanpa lag dan patah-patah.

Penutup

Itu dia tadi penyebab FPS Drop di Mobile Legends serta sejumlah cara untuk mengatasi FPS Drop Mobile Legends. Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan update informasi penting tentang Mobile Legends lainnya.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

1 komentar

  1. beli hp baru🗿😁