Tutorial Mengubah Taskbar Menjadi Transparan di Windows 11

Cara mengubah tampilan taskbar Windows 11 menjadi transparan sepenuhnya tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi TranslucentTB
Mengubah Taskbar Menjadi Transparan

Taskbar adalah salah satu komponen yang terdapat dalam User Interface suatu sistem operasi yang biasanya terletak di bawah yang berfungsi sebagai tempat memuat berbagai shortcut dan juga menampilkan berbagai software yang sedang dijalankan.

Pada Windows 11 sendiri, tampilan taskbar dibuat lebih menarik. Taskbar Windows 11 berada di tengah layar mirip yang dengan taskbar yang ada pada OS Mac.

Pada artikel kali ini, Indovirtus akan memberikan penjelasan mengenai cara mengubah taksbar menjadi transparan sehingga tampilannya mejadi lebih menarik. Keuntungan memiliki taskbar yang transparan salah satunya adalah wallpaper yang kamu gunakan akan terlihat lebih jelas. Langsung saja disimak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengubah Taskbar Menjadi Transparan

1. Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebenarnya pada Windows 11 sendiri sudah dihadirkan menu agar taskbar menjadi transparan. Namun tingkat transparansi yang diberikan tidak begitu tinggi alias tidak transparan sepenuhnya.

  • Buka Menu Settings bisa dengan menggunakan fitur search atau langsung menekan tombol Windows + i secara bersamaan
Taskbar Windows 11 Transparan
  • Selanjutnya pilih Accessibility lalu Visual Effects
  • Lalu pada menu Transparency effects, dapat kamu On-kan
Taskbar Windows 11 Transparan
  • Maka kamu dapat melihat sedikit perubahan pada transparansi taskbar kamu
Mengubah Taskbar Menjadi Transparan

Taskbar kamu sudah menjadi sedikit transparan dibandingkan sebelumnya. Nah untuk kamu yang masih kurang puas, dapat mengikuti cara yang kedua dibawah ini.

2. Menggunakan Aplikasi TranslucentTB

Pada cara yang kedua ini, taskbar akan dibuat 100% transparan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh secara gratis di Windows Store. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Microsoft Store
  • Search aplikasi TranslucentTB atau bisa langsung menuju link ini
TranslucentTB
  • Install aplikasinya
  • Setelah berhasil diinstal langsung dibuka aplikasinya
  • Akan tampil interface Welcome, langsung saja klik Continue
TranslucentTB
  • Maka tampilan taskbar kamu secara otomatis akan menjadi transparan
Kamu juga dapat melakukan konfigurasi pada aplikasi TranslucentTB, banyak menu yang disediakan mulai dari mengatur tingkat transparansi sampai dengan memberi warna pada taskbar. Saran dari Indovirtus, apabila menginginkan taskbar yang transparan, sebaiknya kamu menggunakan wallpaper memiliki warna gelap atau paling tidak bagian bawahnya gelap. Hal ini agar tampilan icon dan menu-menu yang ada pada taskbar lainnya terlihat jelas.

Sekian artikel tentang cara mengubah taskbar menjadi transparan pada Windows 11. Jika ada pertanyaan, dapat kamu sampaikan pada kolom komentar, terima kasih.
And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar