Daftar Istilah dan Singkatan dalam Valorant

Istilah dan Singkatan yang sering digunakan dalam chat ataupun komunikasi di Valorant
istilah dan singkatan valorant

Dalam sebuah game kita biasanya mengena bahasa atau istilah-istilah khusus yang digunakan untuk berkomunikasi antar para pemainnya, tidak terkecuali dengan Valorant. Di Valorant sendiri ada beberapa istilah dan singkatan yang lumayan asing digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga cukup membingungkan bagi pemain baru. Untuk itu pada artikel kali ini, Indovirtus telah merangkum daftar lengkap istilah dan singkatan yang sering digunakan pada match dalam game Valorant. 

Sebelum masuk ke daftarnya, mungkin kalian sering bertanya-tanya kenapa sih para pemain sering menyingkat kata-kata saat mengetik di kolom chat. Nah kita ketahui sendiri bahwa dalam game kompetitif seperti Valorant ini, alur permainnya sangatlah cepat sehingga para pemain dipaksa untuk berkomunikasi seefisien mungkin. Memang lebih baik berkomunikasi menggunakan voice chat, namun terkadang karena suatu hal kita tidak bisa menggunakan voice chat. Karena tidak bisa menggunakan voice chat, kita dibuat untuk berkomunikasi melalui chat. Karena waktu yang terbatas maka digunakanlah istilah dan singkatan dalam berkomunikasi

Penggunaan istilah-istilah ini sangatlah efektif untuk menyampaikan informasi dengan sangat cepat sehingga tim atau pemain lain bisa segera mengetahui apa yang kita maksud. 

Daftar Istilah dalam Game Valorant

Langsung saja disimak daftar istilah dan singkatannya di bawah berserta penjelasan lengkapnya:

NT
singkatan dari nice try. Istilah ini biasanya digunakan ketika kamu atau pemain di tim mu kalah dalam sebuah ronde setelah berusaha mencoba dengan baik.

GT
adalah singkatan dari good try, memiliki makna yang sama dengan NT.

GJ
singkatan dari good job, biasanya digunakan ketika kamu berhasil memenangkan sebuah ronde atau kill.

Nice
Istilah yang memiliki makna yang sama dengan good job.

NC
NC merupakan singkatan dari Nice Clutch.

N1
Singkatan dari nice one, biasa digunakan ketika pemain melakukan clutch atau memenangkan satu round dengan lancar.

GG
Adalah singkatan dari good game merupakan istilah yang digunakan ketika pertandingan selesai. Bisa disampaikan kepada rekan tim atau lawan sebagai bentuk hormat tetapi terkadang juga digunakan sebagai istilah yang bernada sarkasme.

Ace
Adalah keadaan di mana seorang pemain mendapatkan total 5 kill dalam sebuah ronde.

Clutch
Arti clutch dalam game Valorant adalah keadaan di mana pemain dalam tim tersisa satu pemain dan berhasil memenangkan round penting.

Team Ace
Adalah ketika setiap anggota tim mendapatkan masing-masing 1 kill dan tidak ada yang mati.

Thrifty
Thrifty di Valorant artinya adalah sebuah kondisi di mana pemain memenangkan round, dengan menghabiskan Creds lebih sedikit dibandingkan lawan.

TP
Adalah singkatan teleport, biasanya digunakan untuk memberi arahan untuk memasuki teleport atau informasi jika ada lawan yang berada dalam teleporter. Istilah ini biasanya digunakan di map yang memiliki teleporter seperti Bind.

Bomb/Spike
Digunakan ketika rekan tim meminta pemegang spike untuk memasang spike.

Eco
Ini artinya pemain tersebut menyarankan tim untuk menabung di ronde tersebut dan tidak membeli senjata agar dapat membeli kelengkapan senjata, armor, dan ability di ronde selanjutnya.

Stick
Artinya pemain diminta untuk bermain secara berdekatan.

Rotate
Artinya tim disarankan untuk berotasi ke site lain di map tersebut.

Roomba
Istilah yang digunakan untuk salah satu kemampuan dari Raze berupa robot yang berpatroli.

Res/Rez
Istilah yang digunakan untuk meminta dihidupkan kembali oleh ultimate milik Sage.

Molly
Istilah yang digunakan untuk kemampuan Agent yang dapat menimbulkan damage area, contohnya E milik Phoenix dan Q milik Brimstone.

Dink
Artinya pemain berhasil melakukan headshot, istilah ini biasanya digunakan jika sang lawan tidak tumbang sehingga rekan tim lain tahu bahwa lawan tersebut berada dalam kondisi yang sangat lemah.

Dodge
Dodge atau queue dodge di Valorant adalah tindakan di mana pemain “kabur” dari pertandingan sebelum pertandingan tersebut dimulai dengan cara tidak memilih agent ataupun dengan kabur dengan menekan tombol alt + F4.

1 hp/1 shot
Artinya lawan dalam kondisi hp rendah dan hanya membutuhkan 1 tembakan saja untuk dijatuhkan.

Spawn/CT
Istilah yang digunakan untuk menunjukkan lokasi pertama kali tim kalian atau tim lawan respawn.

Flank/Flanking
Flank di Valorant adalah istilah yang digunakan sebagai arahan untuk menyelinap ke belakang lawan atau peringatan kepada tim tentang lawan yang menyelinap dari belakang.

Flawless
Istilah ini muncul apabila kamu berada dalam satu tim berhasil memenangkan round dengan membunuh semua pemain musuh tanpa satu orang pun pemain dalam tim kamu mati. Maka setelah membunuh musuh terakhir yang di interface kamu akan muncul tulisan Flawless. 

Frag
Frag sama artinya dengan kill.

Top Frag
Pemain dengan kill terbanyak.

Bottom Frag
Pemain dengan kill paling sedikit.

Heaven/Hell
Jika sebuah lokasi terdapat dua tingkatan, Heaven adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan tempat yang lebih tinggi dan Hell digunakan untuk menunjukkan tempat yang lebih rendah. Contohnya di site A map Bind terdapat sebuah lorong yang lebih tinggi di sisi bertahan maka diberi istilah Heaven dan bagian bawahnya dinamai Hell.

Hookah
Istilah ini digunakan di map Bind, ditujukan untuk menunjukkan lokasi yang mirip dengan bentuk kubah di site B Bind.

NVM
Singkatan dari never mind yang memiliki arti lupakan.

LMAO
Laugh my a$$ off yang artinya ngakak banget gitu. Penggunaannya kurang lebih sama dengan LOL.

EZ
Jika yang satu ini bukan singkatan, melainkan plesetan dari kata "easy" yang artinya mudah. Kami sarankan kamu jangan menggunakan kata ini di chat ya karena terkesan meremehkan dan awas kena comeback.

MB
Singkatan dari my bad, yang artinya salahku. Sebagian aliran sesat gamer Indonesia ada yang mengatakan bahwa mb adalah maap bang :v

FF
Bukan singkatan dari Fr*e Fire melainkan singkatan dari forfeit yang memiliki arti sama dengan surrender alias menyerah.

Diff
Diff di Valorant artinya singkatan dari different yang digunakan saat dalam satu match terdapat satu agen yang sama baik dipihak musuh maupun tim sendiri, misalnya ada dua Jett namun yang satu jago dan yang satu kurang sehingga dikatakan different "Jett Diff", "Reyna Diff", "Chamber Diff", "Sage Diff". 

-145, -40
Nah yang satu ini cukup sering digunakan. Ketika seseorang mengetikkan angka pada chat Valorant itu menandakan jumlah hit yang diterima musuh seperti contohnya "Reyna -145", "Omen hit 30". Angka-angka tersebut digunakan untuk memberitahu bahwa agen yang tertulis sudah terkena hit sebesar angka yang disebutkan.

Peek/Peeking
Peek di Valorant artinya adalah aktivitas mengintip atau menengok musuh. Tapi jangan sekali-kali kamu coba untuk tetap ngecek musuh yang pakai Operator meskipun udah diperingatin sama tim sendiri. Don't peek, don't peek, tapi masih aja dipeek ya dikill musuh!

Smurfing
Akun Smurf atau Smurfing adalah akun alternatif yang digunakan pemain yang sudah memiliki akun lain. Tujuan dari memiliki akun smurf ini sangat beragam tapi yang paling umum adalah ketika seseorang sudah bosan bermain di rank tinggi seperti Diamond atau Radiant, dia ingin bersenang-senang dengan bermain di akun yang memiliki rank lebih rendah.

Take FE
Istilah ini biasa digunakan dalam jual beli akun Valorant. Take FE Valorant artinya take first email, jadi saat membeli akun Valorant kamu akan mendapatkan email pertama yang digunakan untuk membuat akun Valorant yang dijual tersebut.

T-Bag

T-bag Valorant
T-bag dulu bos

Tea Bagging atau T Bag di Valorant artinya adalah gerakan Taunting yang player lakukan dengan melakukan Spam Crouch (jongkok) di atas mayat musuh yang sudah di kill. Disebut T-Bag karena gerakan naik-jongkok ini seperti gerakan kantong teh celup.


Penutup

Nah itu dia tadi kumpulan istilah dan singkatan yang sering digunakan dalam game Valorant. Jika masih memiliki singkatan atau istilah yang masih belum kamu ketahui artinya dan belum masuk daftar di atas, silakan sampaikan di kolom komentar ya :D

And in the end the love you take is equal to the love you make.

3 komentar

  1. kalau wtf artinya apa min?
    1. WTF itu singkatan dari "Wah Terlalu Fantastis", biasanya digunakan teman satu tim saat melihat kamu melakukan hal diluar nalar manusia, luar biasa, dan tidak masuk akal.
    2. sa ae nih wkwkwk