Penjelasan Lengkap Sistem Ranking Terbaru Valorant Episode 2

Setelah banyak nya pertanyaan tentang ketidakjelasan sistem rank Valorant, akhirnya Riot mengeluarkan sistem ranking terbaru Valorant untuk episode 2
New Rank System Valorant

Valorant Mengalami perubahan Sistem Ranking untuk Episode 2!

Setelah banyaknya pemain setia Valorant yang mengeluh dan bertanya-tanya tentang kejelasan sistem rank di Valorant, akhirnya Riot Games secara resmi akan memperbarui Sistem ranking Valorant pada saat peluncuran Episode 2 mendatang yang akan dirilis hari ini pada tanggal 12 Januari 2021.

Sistem baru ini akan menggunakan “Rank Rating” sebagai sistem poin untuk menentukan dan menampilkan rank kamu.

Jadi kita tidak akan menjumpai lagi panah kecil yang berada di sisi kiri bawah rank Valorant kita yang tidak jelas di setiap akhir pertandingan yang membuat pemain menebak apakah mereka akan naik ranking atau tidak.

Penjelasan Sistem Ranking Valorant Terbaru 

Sebenarna “Rank Rating” memiliki sistem yang sangat mirip dengan League Points (LP) di game hasil karya Riot Games lainnya yakni League of Legends yang akan mengukur kemajuan ranking yang kamu miliki.

Sistem ini sudah diterapkan pada banyak sekali game-game kompetitif, karena hal itulah sistem ini adalah langkah yang tidak begitu mengejutkan dari Valorant dan sudah lebih dikenal banyak gamer.

Cara Kerja Rank Rating

Sistem Rank Rating akan memiliki cara kerja yang sama untuk rank dan jenjang Iron hingga Diamond, namun sistem ini akan memiliki sistem yang berbeda untuk rank Immortal dan Radiant.

Dibawah ini adalah sistem point Rank Rating:

  • Maksimal perolehan 50 RR untuk hasil menang
  • Minimal kehilangan 10 RR untuk hasil menang
  • Maksimal kehilangan 30 RR untuk hasil kalah
  • Minimum kehilangan 10 RR untuk hasil kalah
  • Maksimal perolehan 20 RR untuk hasil imbang

Saat kamu berhasil mengumpulkan 100 Rank Rating dalam satu rank, kamu akan mendapatkan promosi ke rank berikutnya. Begitupun sebaliknya, jika kamu sebelumnya memiliki 0 Rank Rating, kamu bermain competitive dan tertnyata kamu kalah maka rank kamu akan turun.

Kabar baiknya, saat kamu berhasil naik ke rank yang lebih tinggi, kamu akan memulai rank baru dengan modal 10 Rank Rating. Hal ini diterapkan oleh Rio untuk mencegah para pemainnya langsung turun rank jika kalah dalam pertandingan competitive pertama di rank barunya.

Jika kamu kalah dalam pertandingan dengan 0 RR, kamu akan turun rank. Namun, kamu tidak akan turun lebih rendah dari 80 Rank Rating di rank yang lebib rendah sehingga kamu bisa langsung naik lagi jika bermain bagus.

Sistem Rank Rating Valorant terbaru
Penampakan sistem ranking terbaru Valorant (Source: Valorleask)

Perubahan Sistem Juga Hadir pada Mode Competitive

Selain itu, Valorant juga membuat beberapa perubahan untuk mode ranked di Valorant agar pengalaman bermain para pemain Valorant lebih menyenangkan

Pemain di atas rank “Immortal” sekarang dibatasi untuk mencari pertandingan Solo atau Duo di lobi. Ini sebelumnya telah ditambahkan ke “Dev Diaries” untuk membuat game menjadi lebih adil.

Kamu sekarang dapat mengkalibrasi hingga Platinum 3 di rank placement kamu.

Jika kamu memiliki rank “Immortal” dan termasuk dalam Top 500 di Region mu, maka kamu akan diberikan Radiant Act Rank.

Inilah Sistem Ranking Valorant yang dirubah untuk Episode 2! Dengan adanya sistem seperti ini, akan mempermudah kita untuk mengetahui apakah sebentar lagi akan naik rank atau tidak, jadi kita tidak perlu menebak-nebak lagi. Nah apakah kamu setuju dengan adanya peraturan baru tentang rank di Valorant? sampaikan pendapatmu pada kolom komentar dan nantikan update tentang Valorant lainnya hanya di Indovirtus