Ninja Saga "terpaksa" Pamit dari Facebook

Setelah sepuluh tahun lamanya menemani pengguna Facebook, Ninja Saga akhirnya "dipaksa" pamit dari Facebook, karena berhentinya layanan adobe flash
Ninja Saga Pamit

Masih ingatkah kalian dengan game Ninja Saga yang sempat populer dan menemani masa kecil kita di Facebook? Ya tentu saja game yang mengambil konsep seperti anime Naruto ini memang menjadi salah satu game terpopuler dikalangan game Facebook.

Game dengan gameplay Turn Based ala Final Fantasy Classics ini memang digemari karena memiliki fitur Online yang membuat kita dapat memainkannya bersama teman-teman di Facebook. Diawal permainan kita dapat menciptakan karakter sendiri, memilih elemen apa yang akan kita kuasai pertama, menjalankan misi, membuka jurus-jurus yang hebat dan bertarung dengan banyak skill. Tidak hanya itu, kita juga dapat membuat clan sendiri dan mulai membangun clan bersama teman-teman Facebook.

Namun sayangnya setelah 10 tahun hadir dan terus berjuang di Facebook, Ninja Saga akhirnya harus pamit undur diri. Bukan hanya Ninja Saga saja yang mengalami penutupan, ternyata masih banyak judul game lainnya yang juga ikut gulung tikar. Hal ini disebabkan oleh penghentian dukungan untuk layanan platform Adobe Flash, sehingga menyebabkan game yang dibuat menggunakan Adobe Flash dengan terpaksa ikut memberhentikan layanannya. Meskipun begitu ada beberapa komunitas gamer yang berhasil mencoba untuk memindahkan game-game classic tersebut ke launcher lain. Namun sayangnya belum ada yang berhasil mencoba dengan Ninja saga.

Ninja Saga Terpaksa Tutup Tanggal 31 Desember 2020 Mendatang

Ninja Saga Pamit
Gameplay Ninja Saga

Sekarang jika kamu mencoba memainkan Ninja Saga di Facebook ataupun game yang menggunakan Adobe Flash lainnya maka akan muncul pesan dibagian atas halaman game bertuliskan seperti dibawah ini

"Game ini akan segera dihentikan. Ninja Saga tidak akan tersedia lagi setelah tanggal 31 Desember 2020 karena dijalankan dengan Adobe Flash, yang akan segera dihentikan layanannya". Selanjutnya pesan tersebut juga menyampaikan bahwa "Setelah tanggal tersebut, Anda tidak akan lagi bisa bermain game tersebut dan semua item pembelian dalam game akan kedaluwarsa. Kamu bisa melanjutkan bermain game ini sebelum hari itu atau mencari game bagus lainya."

Bahkan kabarnya Item yang pernah kita beli pada game tersebut seperti baju, pet, bahkan emblem akan hangus pada saat penutupan. Walaupun hal ini adalah kabar yang tidak mengenakkan bagi para pemain, sepertinya tidak banyak gamer yang marah. Karena sebagian dari mereka juga mewajarkan hal tersebut. Belum lagi bisa dikatakan game ini juga sudah cukup berumur. Diakhir pesan Facebook menyampaikan kepada para gamer untuk mencoba game-game keren lainnya yang ada di Facebook.

Ninja Saga Dapat Kalian Mainkan Lagi melalui Website Resmi

Ninja Saga

Namun jangan bersedih dulu dengan penutupan game Ninja Saga, karena setelah mengetahui bahwa game ini masih memiliki banyak fans setia, sang Developer Emagist Entertainment Limited akhirnya memberikan alternatif agar kita semua tetap dapat memainkan game serupa. Mereka sudah menyiapkan Website khusus untuk game ini. Kalian dapat menggunakan Akun lama kalian untuk bermain lagi. Caranya cukup mudah, yang perlu kalian lakukan adalah melakukan daftar ulang dengan cara masuk ke dalam game Ninja Saga, Headquarters, kemudian pilih NS Membership lalu sign up dan masukan email serta password.

Jika kalian sudah berhasil mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan tadi, maka cukup menunggu balasan dari sang Developer saja. Nantinya mereka akan mengirimkan pesan balasan tersebut melalui Email. Didalam email tersebut terdapat link resmi untuk kalian yang ingin memainkan game Ninja Saga lagi. 

Sekedar informasi tambahanm, Ninja Saga sendiri rilis untuk edisi alpha-nya pada tanggal 21 Juli 2009 hal ini membuat usianya sudah lebih dari 10 tahun hingga pada berakhirnya layanan game tersebut akibat akhir dari layanan Flash yang sudah direncanakan sedari lama oleh pihak Adobe sendiri.

Lantas bagaimana perasaan mu saat mengetahui bahwa Ninja Saga akan pamit, sebagai pemain maupun sebagai pendatang baru dalam game tersebut? Tuliskan perasaan mu terhadap game ini pada kolom komentar di bawah. Tetap nantikan update informasi tentang game lainnya hanya di Indovirtus.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar