ID PSN Diblokir Sony Karena Mengandung Kata "Jihad"


Indovirtus - Gamer asal Arab Saudi bernama ‘Jihad Khalid Al Mofadda’ yang memiliki akun PSN dengan ID ‘iJihad’ sempat diblokir oleh Sony. Kasus pemblokiran akun PSN ini menjadi perbincangan hangat di situs Reddit.  Kata ‘jihad’ sering digunakan oleh media Barat untuk menyebut aksi terorisme oleh sekelompok oknum yang mengatasnamakan agama.

Namun arti Jihad (bahasa Arab: جهاد) sendiri menurut syariat Islam adalah berjuang dengan sungguh-sungguh. Jihad dilaksanakan untuk menjalankan misi utama manusia yaitu menegakkan Din (atau bisa diartikan sebagai agama) Allah atau menjaga Din tetap tegak, dengan cara-cara sesuai dengan garis perjuangan para Rasul dan Al-Quran.


Dalam artikel yang dibuat oleh Jihad Khalid di media sosial Reddit, ia menuliskan bahwa ia sempat ditawarkan untuk menggantikan nama akunnya. Pemblokiran ID/Akun PSN miliknya terjadi setelah ia membeli dan memainkan game Overwatch, game FPS terbaru dari hasil karya developer Blizzard. Jihad juga menambahkan bahwa ia telah memiliki akun PSN tersebut sejak memiliki PS3 bertahun-tahun silam. Cukup lama bukan?

Tweet dari Rami Ismail

Artikel tulisan Jihad di Reddit juga membuat beberapa media besar internasional ikut angkat suara, seperti Polygon, Eurogamer, dan beberapa situs lainnya. Rami Ismail selaku developer game indie juga ikut mendukung Jihad mengenai kasus ini lewat akun Twitter pribadiNya.

Tampaknya, Sony perlu mengkaji ulang kebijakan mengenai penggunaan ID PSN demi layanan yang lebih baik. Kasus ini juga dianggap telah selesai, namun Al Mofadda tetap tidak bisa menggunakan namanya sendiri untuk dijadikan sebagai ID PSN. Selain itu, Al Mofadda juga kehilangan semua trofi dari game yang telah Ia kumpulkan selama ini.
Hobi menonton film dan bermain game FPS, kurang suka tidur di malam hari, lebih suka tidur di pagi hari.

3 komentar

  1. Wah parah.kasian yg emng asli namanya dia jihad ya hhhe pdhl maen ny aj kdang smpe ngos2an smpe trofi hilng
  2. Ya ampun kasihan ya
  3. Ya ampun kasihan ya