Fakta Menarik Mobile Legends yang Harus Kamu Ketahui!

Fakta unik tentang game Mobile Legends: Bang Bang yang bocil gamer wajib ketahui.
Fakta Menarik Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) atau di Indonesia sering disebut dengan ML merupakan game MOBA Mobile paling populer di Indonesia dan sudah mencapai ratusan juta unduhan di Google Play. Game yang dirilis ke publik pada 31 Oktober 2016 ini diterbitkan oleh pengembang asal China yakni Moonton, anak perusahaan dari ByteDance.

Tidak hanya menawarkan gameplay 5v5 yang kompleks, Mobile Legends juga dilengkapi dengan banyak aspek berbeda dari game lainnya yang mungkin tidak disadari oleh banyak pemain. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, Indovirtus akan membahas 10 Fakta Mobile Legends Unik, Menarik, dan Terbaik yang mungkin belum kamu ketahui.

Fakta-fakta Game Mobile Legends yang Wajib Kamu Ketahui

1. Hero yang Bersaudara Satu Sama Lain

Selena dan Karina ternyata bersaudara
Selena dan Karina ternyata bersaudara

Fakta unik yang pertama adalah terdapat hero-hero di dalam Mobile Legends yang sebenarnya memiliki hubungan dekat satu sama lain, yang merupakan kakak beradik. Nama-nama hero tersebut adalah:
  • Harley & Lesley
  • Selena & Karina
  • Lancelot & Guinevere
  • Zilong & Chang’e
  • Dyrroth & Silvanna
  • Alucard & Harith (Harith adalah saudara angkat Alucard)
  • Argus & Rafaela (saudara kembar)
  • Valir & Vale
  • Alpha & Saber
  • Aamon & Gusion
  • Tigreal & Fanny
Jika kamu mendengar voice line khusus selama permainan secara seksama, maka kamu akan mendapati ternyata sejumlah hero di Mobile Legends memiliki hubungan saudara satu sama lain. Tidak hanya itu, ketika Harley dan Lesley berada di tim yang sama, mereka akan mendapatkan buff khusus +10 HP.

2. Beberapa Hero Terlibat Hubungan Asmara

Lancelot & Odette merupakan Best Couple di Land of Dawn
Lancelot & Odette merupakan Best Couple di Land of Dawn

Soal lore, Mobile Legends tidak pernah ketinggalan. Di dalam game, Terdapat sejumlah hero yang saat ini sedang menjalin hubungan asmara satu sama lain. Para hero tersebut adalah:
  • Carmilla & Cecilion
  • Lancelot & Odette
  • Lesley & Gusion
  • Freya & Franco
  • Esmeralda & Khufra
Beberapa pasangan ini juga memiliki skin pasangan dalam game untuk mereka berdua, seperti:
  • Lancelot & Odette (skin Natal 2017)
  • Lesley & Gusion (skin Valentine 2019)
  • Esmeralda & Khufra (skin Valentine 2020)
  • Carmilla & Cecilion (skin Valentine 2021)
Hubungan romantis dari beberapa hero ini juga dapat kamu ketahui melalui voice line mereka pada saat permainan. Selain itu, ketika Carmilla dan Cecilion berada di tim yang sama, Cecilion dapat memanggil Carmilla kepadanya jika dia berada di dekatnya dan membuat gerakan unik.

3. Verri (Burung Pharsa) Ternyata Suami Pharsa

Pharsa dan Burung Putihnya
Pharsa dan Burung Putihnya

Pemain Mobile Legends: Bang Bang mungkin memperhatikan bahwa setiap kali Pharsa digunakan dalam permainan, seekor burung putih akan tampak terus-menerus mengikuti Pharsa di sisinya. Burung putih yang dikenal dengan nama Verri ini, terbang bersama Pharsa sepanjang pertempurannya.

Namun, banyak pemain yang sebenarnya tidak mengetahui latar belakang di balik Pharsa dan hewan burungnya, Verri. Verri sebenarnya suaminya, ya kamu tidak salah baca, itu adalah suaminya. Menurut cerita di dalam game, Alice telah merusak upacara pernikahan mereka dan membutakan Pharsa. Suaminya, yang pada saat itu adalah cinta dalam hidupnya, tidak tahan melihatnya menderita kebutaan seumur hidup. Oleh karena itu, Verri memutuskan untuk berubah wujuk menjadi seekor burung yang secara permanen terhubung dengan Pharsa, memungkinkan Pharsa untuk melihat melalui mata Verri.

4. Mobile Legends digugat oleh Tencent atas nama Riot Games

Masha di ML mirip dengan Vi di LoL Wild Rift
Masha di ML mirip dengan Vi di LoL Wild Rift

Fakta lain yang tidak diketahui banyak pemain adalah Moonton, pengembang Mobile Legends: Bang Bang digugat oleh Tencent atas nama Riot Games pada Juli 2018.

Setelah rilis awal Mobile Legends pada 14 Juli 2016, Riot Games curiga bahwa game ML meniru kekayaan intelektual dari game League of Legends mereka sendiri dan oleh karena itu menghubungi Google untuk menghapus game tersebut dari Google Play. Namun, Moonton bergerak cepat dengan menghapus game tersebut terlebih dahulu sebelum Google mengambil tindakan dan akhirnya Moonton merilis kembali dengan nama Mobile Legends: Bang Bang pada 9 November 2016.

Pada Juli 2017, Riot Games kemudian mengajukan gugatan terhadap Moonton atas pelanggaran hak cipta, kasus ini dibawa ke Central District Court of California di Amerika Serikat namun ditolak.

Tencent, selaku perusahaan induk Riot Games, atas nama Riot Games, mengajukan gugatan terpisah baru yang secara langsung menargetkan CEO Moonton, Watson Xu Zhenhua, yang sebelumnya adalah karyawan senior di Tencent. Gugatan ini diajukan di Pengadilan Menengah Rakyat No.1 Shanghai, karena melanggar Perjanjian Non-Bersaing. Pengadilan akhirnya memenangkan Tencent pada Juli 2018, hingga membuat Moonton harus membayar senilai 2.5 juta USD kepada Tencent.

Mobile Legends dituduh plagiat
Miripkan?

Pada tanggal 9 Mei 2022, Moonton sebagai pengembang Mobile Legends kembali menerima gugatan kembali dari Riot Games. Gugatan ini tidak jauh beda dengan gugatan sebelumnya mengenai dugaan plagiasi di game Wild Rift, versi LoL untuk Android dan iOS.

Pihak Riot Games secara resmi mengajukan gugatan ke Pengadilan Distrik Pusat AS, California. Tempat itu merupakan pengadilan yang sama saat Mobile Legends digugat Riot Games pada 2018 lalu.

5. Ada Game Spin-off dari ML Diberi Judul Mobile Legends: Adventure

Mobile Legends: Adventure
Mobile Legends: Adventure

Setelah sukses dengan game Mobile Legends: Bang Bang, Moonton selaku pengembang memutuskan untuk merilis game khusus masih dengan nama Mobile Legends. Berada di alam semesta yang sama dengan Mobile Legends, pemain akan memasuki dunia fantasi yang dikenal sebagai Land of Dawn, di mana para pemain akan dapat menggunakan strategi unik mereka untuk menghadapi berbagai pertempuran yang menantang pemain dari seluruh dunia.

Mobile Legends: Adventure (MLA) adalah RPG Idle santai yang cocok dimainkan di tengah kesibukan kamu. Mulai petualangan bersama lebih dari 100 Hero unik, untuk mengungkap kebenaran di balik ramalan mengerikan dan menyelamatkan Land of Dawn dari kehancuran!

Game yang dirilis pada 10 Juli 2019, sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play. MLA juga menjadi pemegang Game Kasual Terbaik Google Play Tahun Ini. Mobile Legends: Adventure berhasil membuktikan bahwa game ini tidak hanya sekadar spin-off dari Mobile Legends karena berhasil sukses menjadi game kasual favorit yang masih berada di alam semesta yang sama dengan Mobile Legends: Bang Bang.

Kamu dapat mengunduh game Mobile Legends: Adventure pada link di bawah ini.
Download

6. Mobile Legends di China Lebih Family Friendly

Mobile Legends di China Familiy Friendly
Mobile Legends di China Tampil Lebih Sopan

Moonton selaku pengembang dari game Mobile Legends akan segera merilis game mereka di pasar terbesar game MOBA dunia yakni Tiongkok atau China. Setelah sekian lama tidak rilis di negara asalnya, akhirnya Mobile Legends akan segera rilis di negara tersebut. Namun yang menarik perhatian adalah adanya sedikit perubahan penampilan pada hero-hero di Mobile Legends. Hero-hero di Game Mobile Legends versi China akan tampil dengan lebih sopan, ramah anak, dan dapat dikatakan cukup family friendly dari versi globalnya, hal ini berkaitan dengan peraturan yang ada di China.

7. Indonesia saat ini memegang rekor pemain terbanyak

JessNoLimit
Pemain ML pasti kenal dengan JessNoLimit

Mobile Legends saat ini merupakan game mobile bergenre MOBA paling populer di Asia, terutama di Asia Tenggara. Bahkan pada Desember 2022 diperkirakan terdapat sekitar 80,7 juta pemain aktif, tidak diragukan lagi bahwa Mobile Legends adalah salah satu game mobile terpopuler hingga sekarang. 

Fakta menarik lainnya adalah menurut Esportsku, Mobile Legends sangat populer di Indonesia yang saat ini memegang rekor sebagai Negara dengan pemain aktif Mobile Legends terbanyak di dunia. Tidak hanya jumlah pemain terbanyak loh, para gamer Mobile Legends Indonesia dapat dikatakan sebagai yang terbaik juga, karena banyaknya Top Global Leaders dalam Mobile Legends yang didominasi oleh pemain Indonesia.

8. Mobile Legends Ternyata Memiliki Band Sendiri


Akhirnya kita sampai pada fakta menarik terakhir tentang Mobile Legends. Tahukah kamu ternyata Mobile Legends: Bang Bang pernah membentuk sebuah band dengan hero-hero yang ada di dalam game? Band ini diberi nama S.T.U.N yang merupakan singkatan dari Strength (Kekuatan), Tactic (Taktik), Unite (Persatuan), dan Novel (Novel).

Band ini dirilis sebagai bagian dari kampanye virtual global Moonton, 515 E-party, untuk game tersebut. Rilisan tersebut juga disertai dengan video musik yang menampilkan Selena, Brody, dan Chou yang berjudul “Together”. Dirilis pada 8 Mei 2021, video musik tersebut mengumpulkan 15 juta penayangan hanya dalam waktu seminggu setelah dirilis.

Skin dengan waktu terbatas untuk Selena, Brody, dan Chou juga tersedia dalam game, hadir dengan efek khusus untuk skill dan serangan mereka, serta voice line yang unik.


Penutup

Nah itu tadi beberapa fakta unik tentang game Mobile Legends yang menarik untuk kamu ketahui. Walaupun game yang satu ini banyak terlibat masalah hak cipta, namun jumlah pemain aktifnya tetap yang terbanyak.

Ikuti Indovirtus di Google News agar kamu tidak ketinggalan update berita menarik tentang Mobile Legends lainnya, terima kasih.

Hobi menonton film dan bermain game FPS, kurang suka tidur di malam hari, lebih suka tidur di pagi hari.

Posting Komentar