Kenali Perbedaan Nintendo Switch CFW dan OFW

Kekurangan dan Kekurangan Nintendo Switch CFW
Nintendo Switch CFW dan OFW

Pernahkah kamu ketika ingin membeli sebuah konsol game, penjualnya menawarkan ingin konsol yang CFW atau OFW? Nah istilah tersebut memang sudah sering digunakan dalam jual beli sebuah konsol game tidak terkecuali dengan Nintendo Switch

Lantas apa itu CFW dan OFW? Pada pembahasan kali ini, Indovirtus akan mengulas secara lengkap pengertian CFW dan OFW untuk konsol Nintendo Swith, beserta kelebihan dan kekurangannya. Langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu CFW dan OFW pada Nintendo Switch

1. Nintendo Switch CFW

Pertama kita akan membahas CFW terlebih dahulu. CFW ini adalah sebuah singkatan dari Custom Firmware. Firmware ini sama seperti sistem operasi yang menjalankan Nintendo Switch. Hal ini berarti firmware atau perangkat lunak yang tertanam di Nintendo Swith sudah mengalami custom alias telah diganti dan dikembangkan oleh pihak ketiga bukan dari resmi Nintendo.

Hal ini bersifat ilegal dan tidak didukung sama sekali oleh Nintendo. CFW biasanya bekerja dengan cara menambahkan program pada layer original firmware sehingga Nintendo Switch bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang lebih terkostumasi sesuai dengan keinginan.

Jadi secara singkat, Nintendo Switch dengan CFW secara hardware masih original, namun softwarenya saja yang sudah dirombak.

2. Nintendo Switch OFW 

Sebaliknya, OFW (Original Firmware) merupakan firmware yang memang dikembangkan oleh Nintendo secara resmi. Hal ini menandakan bahwa keseluruhan perangkan Nintendo Switch OFW baik itu hardware maupun softwarenya bersifat legal, dan aman untuk dimainkan tanpa takut akan adanya ban atau blokir pada Nintendo Switch.

Nintendo Switch CFW dan OFW
Nintendo Switch

Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Switch CFW

A. Kelebihan Nintendo Switch CFW

Indovirtus akan membahas kelebihan dari Nintendo Switch CFW terlebih dahulu.

1. Lebih hemat karena dapat memainkan game bajakan

Untuk kamu ketahui bahwa rata-rata game Nintendo Switch dibanderol dengan harga kurang lebih Rp500.000 - Rp700.000. Jadi dengan menggunakan CFW, kamu dapat memainkan game bajakan di CFW sehingga tidak perlu keluar uang lebih untuk membeli berbagai judul game.

2. Dapat melalukan custom theme

Karena firmware yang sudah dirombak pihak ketiga, jadi banyak hal yang ada di Nintendo Switch CFW yang dapat dikostumasi termasuk juga theme atau tema.

3. Dapat menggunakan cheat

Nintendo Switch yang sudah CFW pasti sudah melalui proses jailbreak sehingga dapat memudahkan kamu untuk menggunakan berbagai macam cheat yang dapat membantu kamu diberbagai judul game Nintendo Switch.

B. Kekurangan Nintendo Switch CFW

1. Tidak bisa masuk ke E-shop

Jika kamu mencoba masuk ke E-shop dengan kondisi Nintendo Switch yang sudah CWF, maka akan langsung terdeteksi oleh Nintendo dan secara otomatis Nintendo Switch kamu akan diblokir. Ini tentunya sebuah kerugian besar jika Nintendo Switch sudah tidak bisa diapa-apakan lagi

2. Tidak bisa main secara online

Selain tidak bisa membuka E-shop, Nintendo Switch CFW juga tidak bisa memainkan game secara online maupun hanya sakadar melakukan update game secara online. Semua game yang ada di CFW hanya dapat kamu mainkan offline.

3. Risiko Brick pada Nintendo Switch

Ini adalah risiko yang paling ditakutkan oleh pengguna Nintendo Switch CFW yaitu brick. Yang mana Nintendo Switch CFW nantinya tidak mau dihidupkan sama sekali. Untuk servicenya pun sangat sulit dan memakan biaya yang lebih besar.

Penutup

Nintendo memang dikenal sangat ketat kalau sudah menyangkut hak cipta dan tindakan ilegal. Seperti contohnya sebuah media membuat unofficial guide tentang game Nintendo saja mereka gugat ke pengadilan, terlebih masalah CFW ini.

Walaupun banyak sekali keuntungan yang ditawarakan oleh Nintendo Switch CFW ini, namun risiko yang akan dihadapi juga besar. Jadi, Indovirtus sarankan untuk kamu semua yang memiliki niat untuk membeli Nintendo Switch sebaiknya kamu memilih Nintendo Switch OFW saja. Kalau ingin game yang murah kamu tinggal beli game second saja, karena sudah banyak game second Nintendo Switch yang dijual di toko-toko game baik toko offline maupun online.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar