Cara Membuat Firework di Minecraft

Cara membuat firework berbagai bentuk, warna, dan efek di Minecraft

Indovirtus - Roket kembang api adalah item yang digunakan untuk membuat ledakan kembang api berbagai bentuk, digunakan untuk boosting saat terbang dengan elytra, dan dapat juga digunakan sebagai amunisi crossbow. Pada Minecraft Pocket Edition sendiri kembang api baru ditambahkan bersamaan dengan update v1.2.

Untuk kamu yang masih awam tentang firework di MCPE ini tenang saja, karena pada pembahasan kali ini Indovirtus akan membagikan tutorial membuat kembang api dengan bermacam bentuk serta efek. Langsung saja kita lanjut ke pembahasan di bawah.

Tutorial Membuat Firework di Minecraft

Item yang perlu disiapkan

Sebelum ke langkah-langkahnya, kamu harus menyiapkan sejumlah item yang dibutuhkan untuk membuat kembang api. Untuk item-itemnya sebagai berikut.

  • Kertas
  • Pewarna
  • Kepala Mobs
  • Gunpowder
  • Fire Charge
  • Feather
  • Gold Nugget
  • Glowstone Dust
  • Diamond

Langkah-langkah Membuat Kembang Api

1. Kembang Api Bola Kecil

Kembang Api Bentuk Bola Kecil

Kembang api yang pertama adalah berbentuk seperti kembang api pada umumnya dan kembang ini tersedia langsung di inventory pada mode creative. Untuk membuat kembang api bola kecil kamu harus membuat terlebih dahulu bintang kembang apinya yaitu dengan cara menambahkan gunpowder dan pewarna yang kamu inginkan pada crafting table.

Crafting Kembang Api Bola Kecil

Setelah itu, mengcrafting kembali bintang kembang api bola kecil dengan gunpowder dan kertas maka jadilah kembang api dengan bentuk bola kecil dengan warna sesuai yang kamu tambahkan.

2. Kembang Api Bola Besar

Kembang api bentuk bola besar

Berikutnya ada kembang api bola besar. Sesuai dengan namanya kembang api ini memiliki ukuran ledakan yang lebih besar dari sebelumnya. Untuk membuatnya crafting fire charge, gunpowder, serta pewarna untuk mendapatkan bintang kembang api.

Crafting kembang api bola besar

Setelah itu crafting bintang kembang api tadi dengan gunpowder dan kertas.

3. Kembang Api Ledakan

Kembang api ledakan

Kembang api yang satu ini memiliki bentuk ledakan pada saat diluncurkan. Crafting feather, gunpowder, dan pewarna untuk mendapatkan bintang kembang apinya.

Crafting kembang api ledakan

Kemudian, crafting bintang kembang api yang telah didapatkan dengan gunpowder dan kertas.

4. Kembang Api Kepala Creeper

Kembang api kepala creeper

Kembang api yang satu ini cukup unik karena ketika meledak akan membentuk kepala monster hijau lucu Minecraft yakni creeper. Untuk membuatnya kamu harus melakukan crafting kepala mobs (apa saja) dengan gunpowder dan pewarna untuk mendapatkan bintang kembang api.

Crafting kembang api kepala creeper

Bintang kembang api yang didapat lalu dicrafting kembali dengan gunpowder dan kertas untuk mendapatkan roket kembang api kepala creeper.

5. Kembang Api Bintang

Kembang Api Bentuk Bintang

Kembang api terakhir adalah kembang api berbentuk bintang. bentuk bintang ini dapat dibuat dengan mengcrafting gold nugget dengan gunpowder dan pewarna untuk mendapatkan bintang kembang api.

Crafting kembang api bentuk bintang

Lalu bintang kembang api bentuk bintang ini dicrafting kembali dengan gunpowder dan kertas.

Gunakan hingga 3 gunpowder saat crafting (dalam tiles terpisah) untuk meningkatkan durasi roket (+1 detik per tambahan gunpowder).

Menambahkan efek pada kembang api

1. Efek Kelip


Efek kelip akan membuat ledakan kembang api berkelap-kelip dan berderak. Efek ini tercipta dengan menambahkan glowstone dust ke dalam proses pembuatan bintang kembang api. Seperti contohnya, kamu ingin membuat kembang api bentuk bola besar berkelip maka kamu perlu menambahkan glowstone dustnya saat pembuatan bintang kembang api bola besar sehingga akan menghasilkan bintang kembang api bola besar berkelip. Lalu, setelah itu dicrafting dengan gunpowder dan kertas sehingga didapat kembang api bola besar kelip.

2. Efek Jejak


Efek jejak ialah efek yang membuat kembang api yang ditembakkan akan meninggalkan jejak. Efek ini dihasilkan dari item diamond yang ditambahkan seperti menambahkan glowstone dust yaitu pada saat pembuatan bintang kembang api.Sebagai contoh berikut kembang api bintang efek jejak.

3. Efek Kelip + Jejak


Kemudian efek terakhir yaitu kelip dan jejak yang merupakan kombinasi dari kedua efek tersebut. Efek ini akan muncul pada kembang api saat kamu menambahkan glowing dust dan diamond ketika mengcrafting bintang kembang api.

Bagaimana cara menambahkan Fade Color ke Firework

Setelah kamu membuat Bintang Kembang Api kamu sendiri, kamu dapat menempatkan Bintang itu kembali di jendela kerajinan dan menambahkan hingga 8 pewarna berbeda ke jendela. Ini akan menambah warna "fade" pada Bintang, yang berarti semua partikel ledakan awal akan memudar menjadi warna baru saat menghilang.

Menambahkan fade color ke kembang api

Menambahkan beberapa warna pudar berarti setiap partikel ledakan akan memilih salah satu warna pudar secara acak untuk memudar. kamu dapat menimpa warna pudar yang ditambahkan sebelumnya dengan menempatkan Firework Star kembali ke jendela kerajinan dan menerapkan pewarna baru.

Cara menggunakan Fireworks untuk terbang dengan Elytra

Terbang dengan Elytra

Firework Rockets juga bisa digunakan untuk membosting saat terbang dengan Elytra. Untuk menggunakan Firework untuk boosting saat terbang, cukup klik kanan dengan Firework Rocket dan kamu akan melaju ke depan ke arah yang kamu tuju.

Dengan Fireworks, kamu dapat memperpanjang durasi penerbangan Elytra, karena kamu akan memperoleh kecepatan yang cukup dengan setiap boost untuk terbang lebih tinggi ke udara atau bahkan lepas landas dari awal berdiri. Kamu akan lebih cepat dengan Elytra daripada pemain yang menggunakan Minecraft Potions of Swiftness!

Perlu diperhatikan: jika kamu menggunakan Firework Rocket yang dibuat dengan Firework Star (Bintang Kembang Api), karena itu akan meledak saat kamu menggunakannya untuk boosting, dan kamu akan menerima damage. Jadi sebaiknya gunakan Firework Rockets biasa (hanya Gunpowder dan Paper, tidak ada Firework Star) jika ingin menggunakan Fireworks untuk boosting dengan Elytra.

Penutup
Itu dia tadi tutorial tentang bagaimana membuat kembang api di Minecraft secara lengkap. Kamu dapat bereksperimen dengan berbagai kombinasi kembang api, bentuk, efek, dan warna yang ada. Jika kamu memiliki pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar. Ikuti terus Indovirtus untuk mendapatkan informasi, berita, tips, trik, dan tutorial tentang Minecraft lainnya, terima kasih.

Source:
gamelmit.blogspot.com
rockpapershotgun.com

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar