Cara Mengatasi Ping Tinggi dan Lag di Roblox

Cara Mengatasi Ping Tinggi dan Lag di Roblox

Apakah kamu sedang mengalami masalah ping tinggi saat bermain game Roblox? Apakah saat kamu bermain game terasa macet atau lag? Pastinya hal ini sangat mengganggu permainan. Nah jangan khawatir karena pada artikel kali ini, Indovirtus akan membahas bagaimana cara mengatasi ping tinggi di Roblox dengan mudah dan cepat.

Roblox adalah platform game online sekaligus sistem pembuatan game yang memungkinkan penggunanya memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain. Didirikan oleh David Baszucki dan Erik Cassel pada tahun 2004 dan secara resmi dirilis pada tahun 2006. 

Sudah banyak pengguna yang menciptakan berbagai genre game di Roblox, seperti game balapan, game role play, simulasi, arcade, dan masih banyak genre game lainnya yang ada di Roblox. Roblox adalah platform gratis-untuk-dimainkan, dengan pembelian dalam permainan tersedia melalui mata uang virtual yang disebut "Robux".

Penyebab Ping Tinggi di Roblox

Ping Tinggi di Roblox
Ping Tinggi di Roblox sangat menyebalkan

Alasan utama di balik masalah ping tinggi di Roblox tidak lepas dari masalah koneksi internet yang buruk. Namun selain masalah koneksi internet ada lagi penyebab ping tinggi di Roblox yaitu, driver perangkat yang kedaluwarsa, cache DNS yang rusak, aplikasi yang bertentangan, interferensi firewall atau antivirus, dan pengaturan grafik yang tidak tepat juga dapat menyebabkan ping tinggi di Roblox

Cara Mengatasi Ping Tinggi di Roblox

1. Perbaiki Koneksi Internet

Cara pertama dan paling utama yang harus dilakukan untuk menurunkan ping Roblox yang tinggi adalah dengan cara mengatur koneksi internet. Jadi, Indovirtus sangat menyarankan agar kamu mengoptimalkan koneksi internet yang kamu gunakan untuk bermain Roblox. Kamu dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk meningkatkan kualitas internet.
  • Restart Router atau Modem Wi-Fi. Untuk melakukannya, kamu dapat mencabut router dari daya, lalu menunggu sekitar 60 detik dan memasangnya kembali.
  • Hubungkan ke internet kabel (LAN). Dibandingkan dengan kebanyakan koneksi Wi-Fi, koneksi kabel memberi kamu kecepatan internet yang cukup cepat dan stabil.
  • Batasi jumlah koneksi aktif di jaringan kamu. Jika internet kamu dibagi di antara banyak pengguna, maka kamu mungkin tidak mendapatkan bandwidth yang cukup untuk menjalankan game.
  • Beralih ke koneksi VPN. Beberapa pengguna melaporkan bahwa masalah ping tinggi Roblox dapat diselesaikan dengan beralih ke VPN. Mungkin kamu dapat mencoba cara yang satu ini.
  • Hubungi ISP kamu. Kamu dapat meningkatkan ke paket internet dengan lebih banyak bandwidth, yang dapat mengoptimalkan pengalaman bermain game. Selain itu, kamu dapat meningkatkan kualitas internet dengan meningkatkan perangkat keras terkait seperti upgrade router.

2. Turunkan Kualitas Grafik Roblox

Turunkan Graphics Quality Roblox
Turunkan Graphics Quality Roblox
Cara sederhana lainnya yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan ping Roblox yang tinggi adalah dengan menurunkan kualitas grafis. Menurunkan kualitas grafis mungkin akan membuat tampilan Roblox menjadi tidak sebagus sebelumnya namun cara ini terbukti ampuh untuk menurunkan ping yang tinggi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menurunkan Graphics Quality di Roblox.

  • Luncurkan klien game Roblox, lalu klik Mainkan untuk melanjutkan.
  • Tekan tombol Esc atau klik tombol Tiga horizontal di sudut kiri untuk membuka jendela Pengaturan.
  • Pada menu Graphics Mode, kamu dapat atur ke Manual.
  • Terakhir, pilih opsi Graphics Quality dan turunkan sesuai kebutuhan.

3. Tutup Semua Aplikasi yang Tidak Perlu

Aplikasi yang tidak kamu tutup dan tetap berjalan di latar belakang akan terus aktif dan menggunakan koneksi internet. Hal ini tentunya akan mengganggu koneksi internet yang dibutuhkan untuk memainkan Roblox karena harus berbagi koneksi dengan aplikasi yang belum ditutup tadi.

Jika kamu bermain Roblox di PC, kamu dapat menekan tombol Alt + Tab untuk melihat aplikasi mana saja yang masih terbuka lalu menekan opsi silang untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan. Atau untuk PC kamu juga dapat membuka task manager dan menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan. Sedangkan untuk kamu yang bermain di Smartphone, tekan tombol recent app, lalu tekan Close All untuk menutup semua aplikasi.

Sekarang kamu dapat membuka kembali game Roblox dan memeriksa apakah ping dalam game Roblox sudah turun.

4. Update Semua yang Berhubungan dengan Roblox

Update Windows

Terkadang masalah ping tinggi di Roblox dapat terjadi ketika sistem kamu berjalan dengan software dan driver perangkat yang sudah ketinggalan zaman, termasuk driver kartu grafis, driver adaptor jaringan, dan aplikasi Roblox itu sendiri. Indovirtus sarankan agar kamu menginstal pembaruan apa pun yang berkaitan dengan Roblox.
  • Perbarui graphics card driver dan network adapter drivers.
  • Jika kamu bermain di PC, perbarui Windows 10 atau 11 kamu ke versi build terbaru atau unduh semua pembaruan yang tersedia secara manual.
  • Jika kamu bermain di Smartphone, update aplikasi Roblox di Google Play atau Appstore.
  • Jika ada patch yang tersedia untuk game, silakan langsung instal.
  • Perbarui platform game tempat kamu menjalankan Roblox misalnya kamu bermain di Google Chrome maka perbarui Google Chrome kamu.

Penutup

Itu dia tadi beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan ping yang tinggi di game Roblox. Tentunya dengan ping yang rendah permainan kamu di Roblox akan menjadi lebih lancar dan mengasyikkan.

Jika kamu masih memiliki masalah yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan di kolom komentar. Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan informasi menarik tentang Roblox lainnya.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar