Cara Mengatasi High Average Ping di Valorant

Panduan lanjutan untuk memperbaiki dan mengatasi masalah High Ping di Valorant serta cara untuk menurunkan Ping tinggi di Valorant
Cara Mengatasi High Average Ping di Valorant

Valorant adalah sebuah game first-person shooter (FPS) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games. Game ini memiliki elemen permainan yang mirip dengan game FPS lainnya, seperti mode permainan deathmatch, mode permainan pemantauan area, dan mode permainan memasang dan menonaktifkan bom.

Dalam Valorant, pemain membentuk tim untuk melawan tim lawan dalam rangkaian ronde yang berbeda. Setiap pemain memilih karakter yang memiliki kemampuan dan peralatan khusus yang dapat membantu mereka dalam pertempuran.

Namanya game online pasti membutuhkan koneksi internet. Jika koneksi internet yang digunakan lancar dan kencang. Namun jika internet yang digunakan untuk bermain Valorant adalah buruk dan tidak lancar maka akan menyebabkan ping di dalam game menjadi tinggi. Nah untuk kamu yang sedang mengalami masalah ping tinggi di Valorant, dapat membaca pembahasan dari Indovirtus berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengertian Ping dalam Game Valorant

High Average Ping Valorant
High Average Ping Valorant

Ping di Valorant mengacu pada waktu yang diperlukan untuk mengirimkan data antara komputer pemain dan server game. Semakin rendah ping, semakin cepat respons yang diberikan oleh server dan semakin lancar permainan. Sebaliknya, semakin tinggi ping, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data dan semakin lambat respons yang diberikan oleh server, yang dapat menyebabkan gangguan atau lag dalam permainan.

Ping diukur dalam milidetik (ms), dan biasanya, ping yang ideal di Valorant adalah di bawah 50 ms. Namun, ping yang dianggap baik atau buruk dapat bervariasi tergantung pada lokasi geografis pemain dan server game yang dipilih.

Penyebab Ping Tinggi di Valorant

Sebelum kamu masuk ke pembahasan mengenai cara-cara menurunkan ping tinggi di Valorant, ada baiknya untuk mengetahui sejumlah faktor yang menyebabkan ping tinggi tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ping tinggi di Valorant, di antaranya adalah:

  • Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah.
  • Keterbatasan bandwidth internet.
  • Jarak antara pemain dan server game.
  • Jumlah pengguna internet yang menggunakan koneksi yang sama pada saat yang bersamaan.
  • Masalah pada server game Valorant.

Cara Memperbaiki Ping Tinggi di Valorant

1. Restart Valorant dan PC

Terkadang masalah koneksi seperti ping tinggi ini hanya membutuhkan solusi yang sangat mudah yakni dengan memulai ulang Valorant dan Riot Client. Setelah merestart Valorant kamu dapat memeriksa apakah ping sudah kembali normal atau belum. Jika belum, kamu dapat melakukan restart PC.

2. Periksa Koneksi Internet

Langkah berikutnya untuk mengatasi masalah ping tinggi adalah memeriksa koneksi internet yang kamu gunakan. Periksa apakah internet dalam kondisi normal atau memang sedang mengalami gangguan.

3. Pause Windows Update

Pause Windows Update
Pause Windows Update

Jika kamu selalu mengaktifkan Windows Update, maka Windows Update akan selalu mendownload update terbaru sesegera mungkin setelah update tersebut available atau tersedia. Nah Windows Update yang mendownload update terbaru selagi kamu bermain Valorant ini merupakan salah satu faktor penyebab ping tinggi di Valorant.

Indovirtus sarankan agar kamu menggunakan fitur Pause updates saat kamu hendak bermain Valorant agar permainan kamu tidak terganggu nantinya.

4. Tutup Semua Aplikasi Lain

Tutup Aplikasi yang tidak digunakan melalui Task Manager
Tutup Aplikasi yang tidak digunakan melalui Task Manager


Sama seperti Windows Update, aplikasi lainnya yang tetap berjalan di latar belakang juga dapat menyebabkan High Ping di Valorant. Karena aplikasi-aplikasi yang tidak ditutup tersebut akan terus terhubung ke internet sehingga membuat koneksi internet kamu terbagi ke sejumlah aplikasi yang seharusnya hanya digunakan untuk Valorant.

Kamu dapat menutup aplikasi yang masih berjalan di latar belakang menggunakan Task Manager. Pilih aplikasi yang masih berjalan, lalu tekan end task.

5. Gunakan Kabel LAN

Menggunakan kabel LAN lebih baik untuk internet yang lebih cepat karena kabel LAN dapat mentransfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada teknologi nirkabel (wireless). Selain itu, kabel LAN juga lebih stabil dan lebih andal daripada teknologi nirkabel yang dapat dipengaruhi oleh interferensi sinyal atau gangguan lainnya.

6. Upgrade Speed Internet Wi-Fi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu penyebab Ping tinggi di Valorant adalah jumlah pengguna internet yang menggunakan koneksi yang sama pada saat yang bersamaan melebihi batas. Jika pengguna sudah melebihi batas maka biasanya internet pun akan melambat.

Karena hal itu kamu dapat melakukan upgrade terhadap Wi-Fi kamu sehingga batas pengguna juga bertambah. Selain itu kamu juga dapat membatasi pengguna Wi-Fi pada satu waktu agar koneksi internet tidak penuh.

Penutup

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai penyebab High Average Ping di Valorant beserta solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Jika kamu memiliki masalah lain yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan di kolom komentar, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar