Cara Main Valorant di Mac dan Macbook

Apakah valorant bisa dimainkan di Mac? Jawabannya adalah tidak namun ada cara untuk dapat memainkan Valorant di Mac yaitu menggunakan Boot Camp.
Cara Main Valorant di Mac dan Macbook

Riot Games selaku pengembang Valorant memang belum menghadirkan Valorant untuk perangkat macOS. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Mac dan Macbook memang tidak ideal untuk bermain game. Salah satu alasannya adalah bahwa banyak judul game tidak dihadirkan untuk perangkat Apple tersebut, termasuk Valorant.

Valorant (atau ditulis VALORANT) adalah permainan video First Person Shooter (FPS) taktis multipemain gratis yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games, untuk Microsoft Windows. Game ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2014 dan dirilis resmi ke publik pada 2 Juni 2020. 

Apakah bisa main Valorant di Mac?

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa tidak ada versi Valorant untuk Mac yang dihadirkan oleh Riot Games dan kamu hanya bisa memainkannya dengan menginstal Windows di Mac.

Namun, meskipun ada banyak cara untuk menjalankan Windows di Mac, Valorant hanya akan berfungsi jika kamu menginstal Windows di macOS menggunakan Boot Camp.

Hal ini dikarenakan Valorant menggunakan software anti-cheat Vanguard yang hanya berfungsi di BootCamp. Vanguard tidak akan berfungsi di mesin virtual yang menjalankan Windows dan macOS berdampingan seperti Parallels.

Vanguard adalah sistem anti-cheat tingkat kernel yang juga menyebabkan masalah bagi pengguna Windows terkadang dan lingkungan virtual tidak dapat mendukungnya sama sekali.

Bisakah kamu memainkan Valorant di M1 & M2 Mac?

Saat ini, tidak ada cara untuk memainkan Valorant di Mac chip M1 seperti M1 MacBook Pro atau M2 Mac. Kamu tidak dapat memainkan Valorant di Apple Silicon M1 atau M2 Mac karena Boot Camp tidak berfungsi dengan Mac M1 & M2 baru termasuk chip M1 Pro dan M1 Max yang lebih kuat.

Boot Camp hanya berfungsi dengan Intel Mac sehingga kamu hanya dapat menginstal Valorant di Intel Mac.

Satu-satunya cara untuk menginstal game Windows di M1 & M2 Mac adalah dengan menggunakan lingkungan virtual seperti Parallels tetapi karena perlindungan anti-cheat Vanguard Valorant tidak akan berfungsi di lingkungan virtual, itu tidak akan memungkinkan kamu untuk memainkan Valorant di M1/M2 MacBook atau Mac Mini.


Bisakah kamu memainkan Valorant di GeForce Now?

GeForce Now For Mac adalah platform cloud gaming NVIDIA namun sayangnya Valorant tidak tersedia di dalamnya sehingga kamu tidak bisa memainkan Valorant di Mac menggunakan GeForce Now.

Kamu juga tidak bisa memainkan Valorant di Mac menggunakan Google Stadia.

Cara Bermain Valorant Di Mac

Satu-satunya cara untuk memainkan Valorant di Mac adalah dengan menginstal Windows menggunakan Boot Camp.

Boot Camp adalah utilitas gratis di macOS yang memungkinkan kamu mempartisi hard drive Mac dan menjalankan Windows di dalamnya. Ini memungkinkan kamu untuk mem-boot Mac kamu di macOS atau Windows pada satu waktu.

Bagi kamu yang seorang gamer tentunya tidak rugi untuk menginstall Bootcamp di Mac kamu karena akan memungkinkan kamu untuk memainkan game Windows yang tidak tersedia untuk Mac. Boot Camp sangat aman untuk diinstal di Mac kamu karena disediakan gratis di macOS oleh Apple agar kamu dapat menginstal sistem operasi lain seperti Windows.

Hal hebat lainnya adalah saat ini kamu dapat menginstal Windows 10 di Mac dan Windows 11 di Mac secara gratis menggunakan Boot Camp dan kamu bahkan tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakannya.

Ini karena Microsoft mengharuskan kamu untuk membeli kunci aktivasi Windows hanya jika kamu ingin menyesuaikan tampilan Windows. Jika tidak, kamu dapat menggunakan Windows 10 dan Windows 11 secara gratis selama yang kamu inginkan.

Apa yang Saya Perlukan Untuk Memainkan Valorant di Mac?

Untuk menginstal Windows di Mac dan memainkan Valorant, kamu harus memiliki setidaknya satu dari perangkat berikut:

MacBook 2015 atau versi lebih baru
MacBook Air/Pro 2012 atau versi lebih baru
Mac mini 2012 atau versi lebih baru
iMac 2012 atau versi lebih baru
iMac Pro (semua model)
Mac Pro 2013 atau versi lebih baru

Jika kamu memiliki salah satu Mac ini, kamu dapat menginstal Windows secara gratis di Mac menggunakan Boot Camp. Setelah kamu selesai melakukannya, cukup buka situs web Valorant untuk mendownload dan memainkan Valorant.

Saat ini kami sarankan untuk menginstal Windows 10 daripada Windows 11 untuk memainkan Valorant karena terkadang ada beberapa gangguan saat memainkan Valorant di Windows 11. Windows 10 juga berfungsi pada Mac yang lebih luas daripada Windows 11 termasuk Mac yang lebih lama.

Setelah menginstal Valorant di Mac, kamu mungkin perlu mengubah beberapa pengaturan game seperti frame rate jika mengalami lag.

kamu dapat menonton Valorant berjalan di Mac di bawah ini dan seperti yang kamu lihat, Valorant bahkan dapat berjalan dengan lancar  pada MacBook Pro 2015 yang  dapat dikatakan sudah jadul.


Apakah Valorant akan dirilis Untuk Mac?

Jawaban Riot Games tentang Valorant di Mac
Jawaban Riot Games tentang Valorant di Mac

Saat ini Riot Games tidak memiliki rencana untuk rilis Valorant yang kompatibel dengan Mac.

Pada awal tahun 2021, sebuah postingan di Reddit membuka perdebatan dan menerima tanggapan dari RiotBrentmeister, Insinyur software senior Riot Games yang berspesialisasi dalam Kinerja Klien & Server untuk Valorant.

“Maaf ini menjadi pembawa berita buruk, tetapi saat ini tidak ada rencana Valorant untuk mendukung Mac OSX. Untuk saat ini, untuk memainkan Valorant Kamu hanya perlu mencoba dan mengosongkan ruang di Mac untuk Bootcamp atau membeli PC Windows.”

Penutup

Sekian pembahasan Indovirtus tentang "Apakah Bisa Memainkan Valorant di MacOS". Jika kamu masih memiliki pertanyaan, silakan sampaikan di kolom komentar. Ikuti Indovirtus di Google News untuk mendapatkan update informasi tentang Valorant lainnya, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar