Penyebab dan Cara Memperbaiki Valorant Error Code: VAN -81

Penyebab Error Code VAN: -81 di Valorant adalah kesalahan koneksi dan ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.
Valorant Error Code Van -81

Valorant adalah game First Person Shooter (FPS) atau tembak menembak orang pertama taktis multi pemain gratis yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games, untuk Microsoft Windows. Pertama kali menggoda dengan nama kode Project A pada Oktober 2019, permainan memulai periode beta tertutup dengan akses terbatas pada 7 April 2020, diikuti dengan perilisan resmi pada 2 Juni 2020. Pengembangan permainan dimulai pada 2014.

Seiring perkembangan waktu, Riot Games terus melakukan perbaikan yang ada di dalam Valorant, mengatasi berbagai bug yang ada dan melakukan update patch untuk memperbaiki masalah. Namun yang namanya error akan selalu ada, apalagi bila game tersebut Online. Salah satu error yang ada di Valorant adalah Error Code Van 81.

Mungkin saat kamu membuka Valorant muncul tulisan yang menyatakan Connection Error, Valorant has encountered a connection error. Please relaunch the client to reconnect. Dan di bawah peringatan error tersebut ada tulisan nama errornya yakni Error Code: VAN -81.

Untuk kamu yang lagi mengalami Error Code: VAN -81 jangan panik terlebih dahulu, karena pada artikel kali ini Indovirtus akan menjelaskan penyebab Error Code: VAN -81 dan cara memperbaiknya agar kamu bisa memainkan Valorant kembali. Langsung saja disimak pembahasannya di bawah ini.

Penyebab Error Code: VAN -81

Valorant Error Code: VAN -81
Error Code: VAN -81

Menurut situs resmi Riot Support, error ini hanya disebabkan Valorant gagal untuk memulai layanan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kode kesalahan VAN -81 berarti bahwa "Valorant telah mengalami kesalahan koneksi". 

Kemungkinan besar, ini adalah masalah dengan Vanguard yang memengaruhi kemampuan kamu untuk terhubung ke Valorant karena Vanguard berfungsi dengan baik adalah syarat utama untuk dapat terhubung ke game kamu.

Cara Memperbaiki Valorant Error Code: VAN -81

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan kode kesalahan VAN -81 yang muncul saat kamu membuka game Valorant.

1. Mulai ulang PC dan klien Riot

Cara pertama dan yang utama adalah dengan mencoba merestart PC kamu dan merestart klien Riot juga, dan meskipun ini tampak seperti solusi yang sangat mendasar, ini berfungsi sebagai penyegaran untuk koneksi ke program Vanguard dan Valorant. Percaya atau tidak banyak pemain Valorant yang berhasil mengatasi masalah VAN -81 ini hanya dengan merestart PC nya.

2. Instal ulang Valorant dan Vanguard

Jika restart tidak berhasil, kamu harus mengambil tindakan yang lebih serius dengan cara menginstal ulang game Valorant dan program anti-cheat Vanguard. Untuk melakukannya
  • buka "Add or removes programs" dari menu Windows,
  • cari Valorant, 
  • lalu tekan uninstall, 
  • lalu lakukan hal yang sama untuk Riot Vanguard.
Jika kamu masih menginstal Riot Client, buka kembali Client tersebut dan masuk ke bagian All Games di menu utama, pilih Valorant, lalu tekan install. Kamu harus menginstal ulang game dan klien Vanguard.

3. Kirim Tiket ke Riot Support

Solusi terakhir yang dapat kamu lakukan jika kedua cara di atas masih belum berhasil memperbaiki Valorant kamu adalah dengan mengirim tiket ke Riot Support. Kamu dapat membuka website Riot Support di sini lalu mengikuti langkah-langkah berikutnya yang ada di website tersebut.

Penutup

Itu dia tadi pembahasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki Valorant Error Code VAN: -81. Jika kamu masih memiliki pertanyaan silakan sampaikan pada kolom komentar. Ikuti Indovirtus di Google News untuk mendapatkan update informasi terbaru tentang Valorant, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar