Cara Mengatasi Packet Loss Valorant

Cara Mengatasi Packet Loss Valorant
Packet Loss Valorant

Valorant adalah salah satu game FPS yang paling banyak dimainkan secara global saat ini. Internet yang stabil tentunya menjadi kunci untuk cepat naik rank dalam game kompetitif buatan Riot yang satu ini. Nah, mungkin di antara kamu pernah mengalami yang namanya packet loss. Packet loss ini tentunya sangat mengganggu para pemain di Valorant, karena membuat gameplay menjadi tidak lancar. Packet loss ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Pada artikel kali ini, Indovirtus akan membahas penyebab dan cara mengatasi packet loss di Valorant agar permainan kamu menjadi lancar jaya seperti semula.

Apa itu packet loss di Valorant?

Secara umum, packet loss cenderung berperilaku sama, terlepas dari lingkungan kamu melihatnya, apakah itu di VoIP, streaming konten multimedia di browser kamu, atau bermain game online seperti Valorant.

Seperti namanya, packet loss berarti bahwa satu atau lebih paket data mengalami kesulitan mencapai tujuannya. Akibatnya, data tidak sampai ke kamu atau server jarak jauh sama sekali, yang membuat koneksi menjadi lambat.

Ketika perangkat mengharapkan data masuk yang tidak pernah datang, itu secara artifisial menunda pengiriman, untuk memberi paket kesempatan lain untuk tiba. Lebih sering daripada tidak, perangkat membuat permintaan lain dan data akhirnya terkirim.

Dalam Valorant packet loss akan mempengaruhi kamu saat bermain. Seperti kasusnya, kamu sudah menghindar dari tembakan musuh namun karena kamu mengalami packet loss musuh dapat menembak kamu. Hal itu bisa terjadi karena dilayar musuh kamu masih belum menghindar. Itulah dampak packet loss secara singkat. Mengalami packet loss sepersekian detik saja sangat berpengaruh terhadap hasil match kamu di Valorant.

Namun, ada beberapa kasus di mana persentase kehilangan paket sangat parah, sehingga koneksi memilih untuk dimatikan daripada menunggu paket masuk tanpa batas waktu.

Beberapa kasus tersebut bisa sama-sama membuat kamu frustrasi saat bermain game online seperti Valorant. Paket bocor berarti latensi tinggi, menu dan tombol tidak responsif, lag, dan bahkan crash mendadak.

Cara Memperbaiki Packet Loss pada Valorant

1. Restart Game Client

Langkah pertama kalian dapat melakukan restart aplikasi Valorant. Jika masih mengalami packet loss, tidak ada salahnya untuk merestart komputer juga.

2. Cek Status Server Valorant

Valorant Server Status

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi packet loss adalah memeriksa laman resmi Riot Games tentang status server Valorant. Pada halaman web tersebut dapat diketahui kondisi server Valorant terkini. Nah, apabila diberitahukan pada web tersebut bahwa server sedang bermasalah, bisa jadi hal itulah yang menyebabkan packet loss dalam game. Yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menunggu Riot melakukan perbaikan hingga selesai agar dapat bermain dengan lancar.

3. Mengatur Setting Network Buffering

Network Buffering Setting Valorant

Cara selanjutnya adalah kamu dapat pergi ke setting lalu pilih menu "General". Selanjutnya pergi ke "Other" lalu cari opsi "Network Buffering". Di menu ini kamu dapat memilih pilihan Maximum. Opsi ini akan menyangga data masuk tambahan untuk memperlancar pergerakan pemain 3P dan mengurangi data keluar untuk mengurangi beban pada bandwidth kalian. Hal ini memungkinkan pergerakan yang lebih mulus dan mengurangi beban jaringan, dengan mengorbankan potensi penundaan sub-detik pada pergerakan dan input.

4. Mengubah DNS

Jika langkah-langkah sebelumnya masih belum berhasil, kalian dapat mencoba untuk mengubah DNS default yang disediakan oleh ISP kalian.

Sama seperti setiap server lainnya, server DNS default mungkin juga memiliki beberapa masalah, kalian dapat mengubahnya untuk pengalaman yang lebih baik. Kalian dapat menggunakan beberapa server DNS, tetapi yang terbaik dan paling terpercaya mungkin adalah DNS Google. Kalian dapat membuka situs web mereka dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk melihat apakah itu dapat menyelesaikan masalah Kalian.


Penutup

Sekian cara-cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah packet loss di Valorant. Jika kalian masih memiliki pertanyaan, silakan sampaikan di kolom komentar. Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan update informasi menarik tentang Valorant lainnya.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar