Perubahan Fungsi Tombol X dan O pada PS5

Fungsi tombol X dan O pada PS5 akan memiliki perbedaan dari seri-seri sebelumnya. Sony telah mengkonfirmasi hal itu. Keputusan ini diambil untuk
Indovirtus - Siapa yang pernah mengalami hal ini, ketika ingin menekan tombol konfirmasi di dalam game malah menekan tombol kembali. Mungkin bagi kamu yang sering bermain PlayStation pernah mengalaminya. Hal itu dikarenakan fungsi tombol "O" dan "X" di home PlayStation dengan didalam game biasanya memiliki fungsi yang berbeda.

Sudah sejak lama dan bukan menjadi rahasia lagi apabila terdapat beberapa perbedaan dalam console PlayStation yang hadir di Jepang/Asia dengan versi barat baik Eropa maupun Amerika. Salah satu hal yang paling menjadi perhatian adalah penggunaan tombol konfirmasi, yang mana pada versi Asia, Sony menggunakan tombol O lain hal nya dengan versi barat yang menggunakan tombol X begitu juga sebaliknya untuk membatalkan. Namun sepertinya semuanya akan diseragamkan menjadi satu untuk console teranyar dari Sony yaitu PlayStation 5.

Dilansir dari situs gaming Jepang AV Watch yang mendapat kesempatan mencoba PS5 lebih dahulu, dapat dilihat bahwa tombol O yang biasa digunakan oleh gamer Jepang dan Asia termasuk kita di Indonesia untuk konfirmasi akan diubah dan distandarisasi menjadi tombol X. Sementara tombol O akan menjadi tombol pembatalan. 

Sekedar informasi tambahan, dari penggunaan tombol O dan X. Pada budaya dan kepercayaan orang Jepang, tombol O merepresentasikan “maru” yang mana dalam bahasa Jepang memiliki arti konfirmasi atau kebenaran. Sementara X merepresentasikan “batsu” dalam bahasa Jepang memiliki makna pembatalan atau kesalahan. Kedua simbol tersebut sudah sering dipakai dalam kuis, dan juga acara-acara TV di Jepang. Menjadikannya standarisasi kultur untuk tombol PlayStation.

Perwakilan dari Sony Interactive Entertainment mengatakan bahwa Sony mengambil keputusan ini agar semua game tak perlu menggunakan tombol yang berbeda untuk konfirmasi. Mereka menetapkan standarisasi barat agar semua developer game bisa adaptasikan tombol X untuk konfirmasi tanpa harus mengubah-ubahnya.

Baca berita terbaru tentang PS5 disini

Tentunya keputusan tersebut mendapat kritik dari kalangan gamer asal Jepang. Namun beberapa gamer Jepang ada juga yang pro akan hal itu. Hal ini dikarenakan salah satu game barat seperti Apex Legends yang saat ini sangat populer di Jepang menggunakan tombol X untuk konfirmasi dan O untuk pembatalan.

Salah satu produser seri Tales, Tomizawa Yusuke nampaknya juga mengkonfirmasi perubahan tersebut. Ia menyuarakan pendapatnya dalam cuitan singkat yang berbunyi, “Sudah saatnya tombol X menjadi tombol konfirmasi”. Dengan kata lain, sudah saatnya orang Jepang untuk menggunakan X atau “batsu” untuk mengkonfirmasi kebenaran. Sebuah kajian yang menarik apabila dilihat dari sisi budaya.

Terakhir sebagai informasi pelengkap, PlayStation 5 akan dirilis pada tanggal 12 November 2020 mendatang, untuk wilayah Asia selain Jepang, Korea Selatan, dan China baru bisa mendapatkan PlayStation 5 mendekati akhir bulan November.

Hobi menonton film dan bermain game FPS, kurang suka tidur di malam hari, lebih suka tidur di pagi hari.

Posting Komentar