Cara Mengatasi Stuck Black Screen saat Masuk Game Valorant

Cara mengatasi launcher valorant mengalami stuck di loading screen dan hanya menampilkan black screen saja, tidak bisa masuk ke dalam Valorant
mengatasi stuck black screen valorant

Valorant adalah sebuah permainan video tembak-menembak orang pertama (first-person shooter) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games. Permainan ini dirilis secara resmi pada tahun 2020 dan sejak itu telah mendapatkan popularitas yang besar di kalangan pecinta game. Dalam Valorant, pemain dibagi menjadi dua tim yang masing-masing terdiri dari lima orang. Tujuan utama dari permainan ini bervariasi tergantung pada mode permainan yang dimainkan, namun umumnya melibatkan misi seperti menyerang atau mempertahankan area tertentu, menonaktifkan atau melindungi spike, atau mengeliminasi anggota tim lawan.

Untuk dapat memulai game Valorant kamu harus membuka launcher Valorant. Terkadang launcher hanya menampilkan layar hitam alias mengalami stuck di loading screen yang hanya menampilkan layar hitam. Stuck loading screen yang menampilkan hanya layar hitam adalah masalah umum yang dapat terjadi pada berbagai jenis perangkat dan aplikasi, termasuk permainan video. Layar hitam ini dapat muncul karena berbagai alasan, mulai dari masalah teknis, kesalahan perangkat keras atau perangkat lunak, hingga konfigurasi yang tidak kompatibel.

Penyebab umum Stuck Loading Screen Valorant

1. Driver Grafis: Versi driver grafis yang tidak kompatibel atau kadaluwarsa dapat menyebabkan masalah tampilan yang menyebabkan layar hitam.

2. Kesalahan Konfigurasi: Pengaturan grafis yang salah atau konfigurasi permainan yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah tampilan saat memuat permainan.

3. Masalah Perangkat Lunak: Adanya bug atau kesalahan pada perangkat lunak permainan yang dapat menyebabkan layar hitam saat proses loading.

4. Kesalahan Perangkat Keras: Beberapa masalah pada komponen perangkat keras, seperti kartu grafis, memori, atau prosesor, dapat mempengaruhi tampilan permainan.

5. Konektivitas: Koneksi internet yang tidak stabil atau masalah dengan server permainan juga dapat menyebabkan stuck loading screen.

Cara Mengatasi Stuck Black Screen Valorant

1. Tekan F11 saat Black Screen muncul

Valorant hanya menampilkan layar hitam
Black screen Valorant

Langkah pertama dan yang paling utama sebelum melakukan perbaikan rumit yang memakan waktu adalah hanya dengan menekan tombol F11 pada keyboard sesaat setelah muncul black screen. Cara ini berhasil digunakan pada sebagian besar masalah black screen saat Valorant diluncurkan. Kebanyakan perangkat yang mengalami masalah ini adalah perangkat laptop ataupun komputer MSI.

Nah Indovirtus yakin sih cara pertama sudah berhasil mengatasi masalah layar hitam yang kamu alami. Namun jika masih belum berhasil juga, kamu dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi Valorant hanya mentok di layar hitam.

2. Instal ulang aplikasi Valorant
3. Delete file misconfig manifest
4. Run as administrator
5. Allow valorant to firewall
6. Reset network
7. Run valorant in high priority (task manager)
8. Graphic setting to high performance
9. Disable GPU Nvidia berfikir GPU tidak support agar jalan di GPU Onboard, sudah berhasil login tapi FPS jadi low bgt cuma dapet 5-10 FPS

Sekian tutorial bagaimana cara mengatasi black screen saat ingin memulai game Valorant. Jika kamu masih mengalami masalah lanjutan, silakan sampaikan pada kolom komentar. Terima kasih
And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar