Tips dan Trik Coral Island yang Sangat Membantu

Tips dan trik yang pemula wajib ketahui dalam bermain coral island agar tidak menyesal dan mengulang permainan dari awal

Tips dan Trik Coral Island yang Sangat Membantu

Coral Island adalah game simulasi yang dikembangkan oleh developer tanah air asal Yogyakarta yakni Stairway Games. Game ini sudah dirilis dalam tahap Early Access pada 11 Oktober 2022 lalu untuk platform Steam.

Coral Island mengusung sebuah tema simulasi pertanian yang dinamis dan tentunya seru untuk dimainkan. Dengan visual 3D yang apik dan animasi yang memanjakan mata membuat banyak orang tertarik untuk memainkannya.

Pada game ini, pemain bisa mengelola lahan pertanian dan peternakan impian, mendesain karakter yang beragam dan menarik, menyelam ke dasar laut, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya sekadar mengelola pertanian, pemain juga dapat mengeksplorasi wilayah, berinteraksi dengan penduduk setempat dan bahkan dapat mencintai lingkungan dengan memungut sampah di dalam game ini.

Jika kamu pemain pemula di Coral Island, kamu tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini, Indovirtus akan membagikan tips dan trik yang sangat membantu kamu menjadi seorang petani yang sukses di Coral Island.

Tips dan Trik Bermain Coral Island

1. Mengubah Game Time Speed

Mengubah Game Time Speed
Atur Game Time Speed menjadi 50%

Hal penting yang harus kamu lakukan pada saat pertama kali bermain Coral Island adalah mengatur Game Time Speed. Pada mode default Game Time Speed berada di 100% hal ini menandakan bahwa 1 hari di Coral Island sama dengan 20 menit di waktu nyata.

Nah mengubah Game Time Speed pada awal permainan sangat penting dilakukan agar kamu memiliki waktu lebih untuk mengeksplorasi Coral Island dan mencari NPC yang belum kamu temukan. Jadi kamu tidak perlu buru-buru dan awal petualangan kamu di Coral Island tidak terbuang sia-sia. Setelah dirasa sudah tidak perlu lagi, kamu dapat mengatur Game Time Speed kembali menjadi 100%.

2. Selesaikan Misi Starting Out Sesegera Mungkin

Selesaikan Misi Starting Out Sesegera Mungkin
Selesaikan misi Starting Out secepat yang kamu bisa

Dalam Coral Island ada yang namanya misi Starting Out. Misi ini terkadang akan menyuruh kamu untuk menyiram tanaman. Nah apabila kamu menunda-nunda misi ini dan hari pun turun hujan kamu tidak dapat menyelesaikan misi ini.

Perlu kamu ketahui di Coral Island apabila hari hujan kamu tidak dapat melakukan pekerjaan seperti menyiram tanaman. Jadi sangat penting untuk menyelesaikan misi Starting Out secepat mungkin jangan sampai ditunda-tunda

3. Rutin Membersihkan Sampah

Rutin Membersihkan Sampah
Jangan malas membersihkan sampah

Untuk kamu yang pertama kali memainkan Coral Island nantinya kamu akan melihat tumpukan sampah yang ada di halaman rumah kamu. kamu dapat membersihkan tumpukan sampah tersebut menggunakan sabit.

Saat membersihkan sampah-sampah tersebut nantinya kamu akan menemukan item-item berguna. Dan apabila kamu hanya mendapatkan sampah / trash, jangan terlalu cepat untuk menjualnya. Karena sampah atau trash di Coral Island ini sangat berguna. 

4. Ambil Semua Item yang Bisa di Loot

Ambil Semua Item yang Bisa di Loot
Ambil semua yang bisa dilooting

Tanaman-tanaman yang ada di jalanan Coral Island jangan pernah kamu lewati begitu saja. Kamu harus ambil tanaman-tanaman tersebut karena itu sangat banyak kegunaannya. Karena semua tanaman yang ada memiliki kegunaan nantinya, entah itu untuk dimasak, dijadikan pupuk, atau dijadikan sesuatu lainnya. 

Kalau kamu melihat tanaman yang aneh juga jangan lupa untuk diambil karena itu akan memberikan kamu item random.

5. Jangan Lupa Upgrade Tas untuk Penyimpanan yang Lebih Besar

Jangan Lupa Upgrade Tas untuk Penyimpanan yang Lebih Besar
Upgrade tas untuk menyimpan lebih banyak item

Dalam game ini proses looting harus sering dilakukan untuk mendapatkan item dan uang, untuk itu kamu memerlukan media penyimpanan yang lebih besar. Di awal game memang sudah disediakan tas untuk menyimpang barang, namun ukurannya tidak terlalu besar.

Kamu dapat mengupgrade tas kamu dapat pergi menuju General Store lalu berbicara dengan Sam.

6. Buat Chest Sebagai Media Penyimpanan di Rumah

Buat Chest Sebagai Media Penyimpanan di Rumah
Chest dapat menyimpan barang kamu lebih banyak lagi

Kamu tidak akan mungkin akan selalu membawa-bawa hasil lootingan ke mana pun kamu pergi. Untuk itu kamu perlu menyediakan Makeshift Chest di rumah. Kamu dapat membuatnya dengan cara menekan tombol C di keyboard untuk membuka menu crafting lalu memili Makeshift Chest.

Untuk membuat Makeshift Chest membutuhkan Wood sebanyak 25 dan Trash sebanyak 20. Jadi pastikan kamu membuat Chest di awal game.

7. Periksa Tempat Sampah yang Ditemui

Periksa Tempat Sampah yang Ditemui
Jangan malu untuk memeriksa tempat sampah

Di Coral Island, kamu harus membiasakan diri untuk memeriksa tempat-tempat sampah yang ada tersebar di kota. Memeriksa tempat sampah ini ada keuntungannya yakni kamu dapat menemukan berbagai item seperti bibit tanaman hingga berbagai jenis ikan dan serangga. 

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menemukan koleksi item yang nantinya dapat kamu sumbangkan ke museum. Mengecek tong sampah adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan barang-barang berharga karena kamu bisa sambil mengerjakan hal lainnya. Dan jangan khawatir apabila kamu hanya mendapatkan sampah, karena  di Coral Island sampah banyak manfaatnya seperti dijadikan kompos atau syarat item untuk membuat berbagai barang kebutuhan.

8. Menyumbangkan Item Ke Museum Baru Dijual

Menyumbangkan Item Ke Museum Baru Dijual
Sumbangkan ke Museum terlebih dahulu baru dijual

Tips yang satu ini sangat perlu untuk kamu ketahui. Sebelum menjual serangga dan ikan yang kamu kumpulkan, kamu wajib untuk mendonasikannya terlebih dahulu ke Museum. Cukup donasikan satu saja untuk setiap spesiesnya.

Donasi ke Museum ini sangat penting untuk menaikkan Town Rank. Nah apabila kamu sudah mendonasikan satu dari tiap spesies, baru deh kamu bebas menjual spesies ikan atau serangga yang sudah kamu donate sebelumnya.

9. Jual Ikan dan Serangga di Beach Shack

Jual Ikan dan Serangga di Beach Shack
Menjual serangga dan ikan ke Sunny

Nah apabila kamu sudah mengumpulkan banyak serangga dan ikan, kamu dapat pergi menuju bagian bawah kota lebih tepatnya pergi menuju Beach Shack. Di sana kamu dapat menjual serangga dan ikan yang telah kamu kumpulkan sebelumnya kepada pemilik Beach Shack yakni Sunny.

Menjual serangga dan ikan ke Sunny memang tidak berpengaruh terhadap harga jual yang lebih mahal. Harganya sama saja dengan menjual di Shipping Bin. Namun kelebihan menjual di Sunny adalah apabila Itemnya ada bintang yakni tingkatan mulai dari Bronze, Silver, dan Gold harga jualnya bisa lebih mahal dari reguler.

10. Bersihkan Kebun dengan Cepat Menggunakan Explosive

Bersihkan Kebun dengan Cepat Menggunakan Explosive
Kamu dapat membersihkan pohon menggunakan Explosive

Kamu malas membersihkan kebun, tapi ingin kebun kamu bersih tanpa perlu menguras energi banyak hanya untuk membersihkannya. kamu tinggal crafting saja Explosive. Explosive 1 membutuhkan 1 Bronze Ore dan 34 Coal untuk mengcraftingnya.

Setelah mendapatkan Explosive, kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan pohon-pohon dan rumput-rumput tanpa perlu mengeluarkan energi yang banyak dan tentunya cepat serta efisien. Tapi jangan gunakan Explosive apabila skill mastery kamu belum penuh karena nantinya tidak ada lagi pohon yang dapat ditebang untuk menaikkan skill mastery karena sudah diledakkan semua.

11. Pulihkan Stamina di Bath House

Pulihkan Stamina di Bath House
Pulihkan Energy di Bath House

kamu dapat mengisi ulang energy di Bath House dengan cepat. Kombinasikan dengan Game Speed Time yang sudah diubah ke 50% tadi agar energy yang didapatkan lebih banyak dan waktu yang dihabiskan lebih sedikit

Setelah kamu menyelesaikan persembahan kuil yang kedua, kamu dapat mengakses Bath House. Di sana kamu akan berendam di dalam air panas dan kemudian staminamu kembali pulih sehingga kamu bisa beraktivitas kembali.

Penutup

Itu dia tadi sejumlah tips dan trik yang sangat bermanfaat untuk kamu ketahui pada saat memulai petualangan di Coral Island. Jika kamu memiliki tips dan trik lainnya silakan bagikan kepada pembaca lainnya di kolom komentar.

Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan informasi menarik tentang Coral Island lainnya, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar