Memperbaiki Could Not Connect To Steam Network

Cara mengatasi masalah login Steam berupa Could Not Connect To Steam Network dengan cepat, mudah, dan 100% berhasil
Could Not Connect To Steam Network

Apakah kamu kesulitan memperbaiki kesalahan koneksi Steam "Could Not Connect To Steam Network" atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti "tidak dapat terhubung ke jaringan Steam"? Tentunya ini sangat mengganggu karena disaat kamu sedang bersemangat ingin bermain game malah muncul error seperti ini. Tapi jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kamu akan mendapatkan beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut yang tentunya efektif.

Steam adalah platform game online luar biasa yang dapat kamu gunakan untuk mengelola game kamu dengan mudah. Kamu dapat menikmati pengalaman bermain game yang luar biasa dengan Steam, tetapi kamu mungkin juga kesal dengan beberapa masalah seperti gagal memuat Steamui.dll, game Steam terhapus sendiri, dan terutama kesalahan koneksi Steam.

Cara Mengatasi Could Not Connect To Steam Network

Langsung saja disimak beberapa cara memperbaiki error Could Not Connect To Steam Network dari Indovirtus di bawah ini. Jika masih gagal dengan cara pertama ikuti cara berikutnya dan begitu seterusnya, semangat!

1. Restart PC

Pesan error Could not connect to Steam network biasanya muncul saat mencoba masuk ke akun Steam kamu. Ketika kamu menemukan kesalahan, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah me-restart PC atau laptop kamu.

Restart sederhana dapat mengatasi software crash, masalah driver, dan mengatur ulang pengaturan jaringan kamu, yang mungkin dapat memperbaiki error Steam not connecting. Jika restart gagal berfungsi, kamu dapat mencoba metode berikutnya.

2. Cek Koneksi Internet

Sebelum masuk ke cara-cara yang lebih serius, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu apakah PC kamu sudah terkoneksi dengan internet secara benar atau belum. Kamu juga dapat merestart router Wifi karena bisa jadi masalahnya ada di sana.

3. Mengubah Protokol Internet Steam

UDP (User Datagram Protocol) adalah protokol Internet asli untuk banyak pengguna Steam. Namun, terkadang protokol menjadi tidak stabil. Untuk memperbaiki masalah ini, Kamu dapat mengubahnya ke TCP (Transmission Control Protocol), yang lebih kamul dan lebih cepat.

Oleh karena itu, jika kamu menemukan kesalahan "could not connect to the Steam network", kamu dapat mencoba mengubahnya. Berikut langkah-langkahnya.
  • Pada shortcut Steam di desktop, klik kanan dan pilih  Properties.
  • Selanjutnya di jendela Properties, klik tab Shortcut.
  • Setelah itu pada kolom dialog Target, tambahkan tesk berikut ini "C:\Program Files (x86)\Steam\Steam.exe "  -tcp
Ubah target Steam
Ubah target Steam
  • Sekarang, kamu dapat meluncurkan kembali Steam Client kamu dan melihat apakah Steam sudah bisa login atau belum.

4. Instal ulang Steam

Jika metode di atas gagal, kamu dapat mencoba menginstal ulang klien Steam kamu. Jika kamu mengikuti langkah-langkah di bawah ini, operasi ini tidak akan menghapus data permainan kamu. Jadi, tolong jangan khawatir.

  • Klik kanan pada shortcut Steam di desktop kamu dan pilih Open file location untuk membuka root directory-nya.
  • Hapus beberapa file seperti  appcache , config ,  bin , dan lainnya kecuali folder dan file berikut yang digunakan untuk meluncurkan Steam:
Steamapps
Userdata
Skins
Steam.exe
Ssfn files
  • Setelah menghapus file, luncurkan Steam kamu dari peluncur Steam.exe dan kemudian Steam akan mengunduh beberapa file dan memperbaruinya sendiri.
Saat penginstalan ulang selesai, kamu dapat memeriksa apakah error koneksi Steam masih berlanjut atau sudah tidak.

5. Update Network Driver

Adaptor jaringan yang kedaluwarsa atau bermasalah juga salah satu penyebab atas error koneksi Steam. Jadi, kamu dapat mencoba memperbarui adaptor jaringan. Untuk itu:
  • Buka Device Manager.
  • Cari dan klik kanan pada Network Adapters.
Update driver Network adapters
Update driver Network adapters
  • Klik Update driver.
  • Setelah itu akan muncul pop-up window Update Driver. 
Search automatically for updated driver software
Search automatically for updated driver software
  • Klik Search automatically for updated driver software.
  • Drive akan diupdate otomatis.

6. Update Windows

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi error koneksi Steam adalah dengan melakukan update pada Windows itu sendiri. Terkadang terdapat bug pada Windows yang membuat Steam mengalami koneksi error. Apalagi jika kamu menggunakan Windows versi Dev Channel ataupun Beta Channel dalam Windows Insider Program.

Penutup

Sekian pembahasan Indovirtus mengenai "Bagaimana Cara Memperbaiki Could Not Connect To Steam Network". Jika kamu masih mengalami masalah pada Steam, silakan sampaikan masalah kamu di kolom komentar dan admin Indovirtus akan berusaha untuk membantu.

Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan informasi menarik tentang game lainnya, terima kasih.

Hobi menonton film dan bermain game FPS, kurang suka tidur di malam hari, lebih suka tidur di pagi hari.

Posting Komentar