Kumpulan Mod Cities: Skylines Keren Terbaru yang Wajib Kamu Coba!

Daftar Mod Cities: Skylines terbaru dan terbaik yang masih work. Rekomendasi mod cities skylines terbaik.
mod cities skylines

Cities: Skylines merupakan permainan simulasi pembangunan kota yang dikembangkan oleh pengembang game asal Finlandia yakni Colossal Order dan diterbitkan oleh Paradox Interactive. Dalam permainan ini, kamu akan diberi tanah kosong untuk dibangun menjadi sebuah kota. Tidak hanya keindahan saja, dalam permainan ini kamu juga harus memperhatikan lalu lintas, air, listrik, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, keamanan, dan lain sebagainya. 

Meskipun sudah terdapat segudang fitur yang menarik dalam permainan, hal tersebut masih belum dapat memenuhi keinginan dari para gamer. Untung saja ini bisa diatasi dengan hadirnya mod. Sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain yang lebih memuaskan. Nah, untuk memudahkanmu dalam memilih mod, kami akan memberikan beberapa rekomendasi mod yang harus kamu pasang.

Penting: Saat kamu menginstall mod maka kamu tidak akan bisa mendapatkan achievement yang ada di Cities: Skylines. Kamu tetap bisa mendapat achievement saat mencabut mod.

Daftar Mod Cities: Skylines Terbaik

Berikut adalah daftar Mod Cities: Skylines yang akan membantu kamu mengembangkan kota impian. Oh iya, mod yang ada dalam daftar ini sudah Indovirtus cek untuk updatenya dan tentunya masih dapat digunakan untuk versi terbaru Cities: Skylines, setidaknya sampai artikel ini dirilis.

Simak sampai akhir karena ada beberapa mod spesial yang sangat membantu kamu di Cities Skylines.

1. Buldoze It

Bulldoze It!
Bulldoze It!

Buldoze it adalah mod yang sangat berguna untuk membantu perkerjaan kamu. Di Cities: Skylines ada kalanya bangunan akan ditinggal oleh penghuninya karena suatu alasan sehingga menyebabkan bangunan tersebut kosong dan terbengkalai. Tentu itu akan mengurangi keindahan kota kamu. 

Nah, mod buldoze it ini akan secara otomatis membuldoze atau membongkar bangunan perumahan, industri, komersial, dan perkantoran jika bangunan tersebut ditinggalkan, terbakar, roboh, atau terkena banjir. Jadi kamu tidak perlu susah payah untuk menghapusnya satu persatu.
Download

2. Traffic Manager


Salah satu masalah terbesar yang mungkin dihadapi pemain baru kota adalah masalah lalu lintas. Setiap mobil di jalan memiliki AI mereka sendiri dan tempat yang harus mereka tuju, dan antrian dapat menumpuk dengan cepat jika pemain tidak berhati-hati. Salah satu alasan mengapa ini bisa menjadi tantangan adalah tidak adanya alat yang cukup untuk mengelolanya dengan benar.

Mod ini tampaknya dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut, dengan memberikan penyesuaian penuh pada aturan setiap jalan individu dalam game. Dengan mod ini, kamu dapat menambahkan aturan jalan seperti yang ada di dunia nyata, seperti rambu satu arah, stop, dan prioritas ke kota mereka. Bahkan ada beberapa preset yang dapat digunakan pemain, seperti menerapkan semua aturan bundaran yang benar, yang tidak ditangani dengan baik oleh AI default.
Download

3. Roundabout Builder

Roundabout Builder
Buat bundaran hanya dengan 1 kali klik

Seperti yang kamu ketahui sendiri, sangat sulit untuk mengatur lalu lintas di Cities: Skylines. Apalagi jika kamu ingin membuat perubahan besar di jalanan, pasti jadi kacau semua tuh. Selain itu, cara kerja road-snapping secara default dalam game dapat menghentikan hal-hal dan mengacaukan semuanya.

Mod ini menghilangkan semua kekacauan dari proses tersebut dan memungkinkan pemain untuk mengimplementasikannya dalam menu sederhana. Dengan mengklik dan memilih pengaturannya, mod akan membersihkan semua jalan yang menghalangi, dan menghubungkannya ke bundaran baru, di mana mobil dapat langsung jalan. Dengan mod ini kamu dapat membuat bundaran hanya dengan satu klik, bukannya 50 klik!
Download

4. Find It! 2

Mod berikutnya adalah Find It! 2. Mod ini memungkinkan kamu untuk menemukan assets yang kamu punya dengan lebih mudah. Tinggal ketik asset yang ingin kamu cari di search box maka akan muncul assetsnya. Selain mencari asset, mod ini juga dapat digunakan untuk memfilter, memilih, dan menempatkan asset. Indovirtus merekomendasikan mod ini jika kamu sudah memiliki lebih dari 1000 assets yang terpasang.

Mengapa namanya Find It! 2, alasannya adalah mod ini diambil dari mod Find It! buatan SamsamTS. Namun SamsamTS sudah pensiun dari modding pada Desember 2018 dan meninggalkan kode open-sourcenya saja. Maka dari itu mod Find It! dilanjutkan oleh algernon dan sway.
Download

5. More Beautification

More Beautification
Tambah detail ke kota kamu

More Beautification adalah mod yang cocok untuk kamu yang ingin menambahkan lebih banyak detail agar meningkatan keindahan kota kamu. Seperti contohnya kamu dapat memasang antena pada rumah-rumah, membuat menempatkan rambu-rambu peringatan pada pinggir jalan, membangun billboard-billboard keren di sepanjang jalan bahkan di gedung-gedung sekalipun, dan masih banyak lainnya. 

Mengatur kedetailan setiap sisi akan membuat kota kamu menjadi lebih indah, detail, dan tampak nyata. Dengan mod ini kamu dapat menambahkan hingga 65531 properti yang ada di dalam game.
Download

6. Tree and Vehicle Props 2

Tree and Vehicle Props 2
Gambarnya dari mod Tree and Vehicle versi pertama

Ada banyak sekali bangunan, item, tipe jalan, dan hal-hal lain yang dapat kamu tempatkan di kota kamu. Tapi bagi sebagian pemain dan modder itu belum cukup.Karena hal itu para modder selalu bekerja keras untuk menambahkan lebih banyak item dan properti ke dalam game.

Nah, mod Tree and Vehicle Props 2 adalah puncak dari mod yang menambahkan beragam mobil dan pohon berbeda yang dapat ditambahkan pemain ke lanskap kota mereka agar terasa lebih hidup. Item statis ini benar-benar dapat menambahkan lebih banyak kustomisasi dan detail visual lainnya dengan membuat area tertentu terlihat dan terasa nyata.
Download

7. Empty It!

Empty It!
Otomatis mengosongkan gudang saat penuh

Ada beberapa mod lain dengan fungsi yang sama tetapi tidak ada yang memiliki konfigurasi dan kinerja yang lebih baik dari Empty It! Dalam mod ini kamu dapat mengatur apakah gudang, lokasi TPA, fasilitas pemindahan limbah, kuburan, dan tempat pembuangan salju harus dikosongkan secara otomatis pada batas yang ditentukan. 

Mod ini juga dapat mengatur apakah pengosongan harus dilanjutkan atau dihentikan. Interval lebih lanjut untuk seberapa sering pemeriksaan ambang otomatis harus dilakukan, juga dapat diatur sesuka hati kamu.  Nah, dengan adanya mod ini kamu tidak perlu repot-repot untuk mengecek apakah kuburan atua gudang sudah penuh atau belum karena mod ini akan secara otomatis mengosongkannya sesuai pengaturan yang kamu gunakan.
Download

8. All Spaces Unlockable

All Spaces Unlockable
Membuka lebih banyak wilayah di Cities: Skylines

Merasa kota kamu sudah terlalu penuh? Sudah membuka semua 9 area yang dapat dibuka, namun masih ingin memperbesar wilayah kota kamu? Maka mod yang satu ini wajib kamu gunakan! Di Cities: Skylines kamu dapat membuka total 9 area di akhir permainan, tetapi dengan menggunakan mod ini kamu dapat membuka hingga total 25 area.

Jadi cara untuk memiliki lebih dari 9 tiles atau area kotak di Cities: Skylines adalah dengan menggunakan mod All Spaces Unlockable.
Download

9. 81 Tiles

81 Tiles
25 area belum cukup? coba tambahkan jadi 81 area

Masih belum puas dengan 25 area? wah kamu sudah gila bro! Tapi dengan mod yang satu ini kamu masih bisa memperbesar wilayah kota kamu hingga 81 tiles atau 9x9 kotak area Cities: Skylines tentunya dengan gratis! Kalau masih mau lebih luas lagi jadi gubernur DKI Jakarta aja sekalian.
Download

10. Extra Landscaping Tools

Extra Landscaping Tools
Buat landskap kota kamu dengan lebih cepat

Nah jika luas area kota kamu sudah bertambah dengan menggunakan dua mod sebelumnya, sekarang kamu lebih leluasa untuk mendekorasi kota kamu. Gunakan mod Extra Landscaping Tools ini untuk mempermudah kamu menambahkan detail seperti pepohonan dengan lebih mudah.

Dalam mod ini ditambahkan fitur yang namanya tree brush agar kamu dapat menambahkan pepohonan dengan cepat cukup 1 kali tarikan bukannya menambahkannya satu per satu. Selain tree brush juga ada terrain tool, tree pencil, resources brush, water tool, dan prop brush.
Download
Lanjut ke halaman terakhir untuk melihat mod spesial!

11. British Police Box

British Police Box
Pos polisi kecil untuk menjaga area kecil

Mod yang satu ini terinspirasi dari police boxes yang ada pada SimCity Societies dan yang ada di Inggris. Jika kamu membutuhkan bantuan untuk mengatasi masalah kejahatan pada area kecil, tetapi tidak mau menempatkan giant police station, tempatkan saja ini!

Dengan mod ini kamu dapat Menyediakan 1 mobil polisi untuk berpatroli di area kecil 1/10 ukuran kantor polisi biasa, dan menggunakan 1/10 sumber resources/cost. Police Box ini dapat menjaga kota kecil, lingkungan kecil, dan self-contained remote parks yang dibuat menggunakan mod Jalur Pejalan Kaki Zonable.
Download

12. Achieve It!

Achieve It!
Achieve It!

Tampaknya peringatan yang Indovirtus berikan di awal artikel tidak lagi berguna jika kamu menggunakan mod yang satu ini. Saat kamu menginstall mod Achieve It! ini, kamu dapat menginstall mod apa saja sesuka hati kamu tanpa perlu khawatir tidak bisa mendapatkan achievement di Cities: Skylines.

Jadi cara agar tetap bisa mendapatkan achievement saat menggunakan mod di Cities: Skylines ya dengan menggunakan mod Achieve It!
Download

13. Loading Screen Mod Revisited 1.1

Loading Screen Mod Revisited 1.1
Membantu loading game kamu lebih cepat

Disaat kamu sudah terlalu banyak menginstall mod dan asset Cities: Skylines, Indovirtus rasa kamu perlu untuk menginstall mod penting yang satu ini yakni Loading Screen Mod Revisited 1.1. Kami sangat merekomendasikan mod ini apabila kamu sudah menginstall terlalu banyak mod atau . 

Fungsinya mod ini adalah mengoptimalisasikan proses loading saat masuk ke base game. Mod ini juga bisa menghemat waktu kamu loh! Mod berisi loader aset khusus yang dioptimalkan yang secara signifikan lebih cepat daripada loader bawaan game.
Download

Penutup

Itu tadi kumpulan mod Cities: Skylines yang akan membuat gameplay mengatur kota kamu menjadi lebih mudah dan seru. Sebenarnya masih banyak mod menarik lainnya yang belum Indovirtus sampaikan di atas. Kamu dapat langsung saja pergi ke steamcommunity untuk melihat-lihat mod menarik lainnya.

Oh iya, jika kamu tidak mendownload game Cities: Skylines melalui Steam, jangan khawatir. Kamu tetap dapat menggunakan mod-mod di atas melalui Nexus Mod.

Ikuti Indovirtus di Google News, agar tidak ketinggalan informasi tentang Cities: Skylines lainnya, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar