Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 10 dan 11

Cara menonaktifkan, menjeda, dan menghapus instalasi OneDrive di Windows 10 dan Windows 11
onedrive-indovirtus

Terdapat sejumlah opsi dalam menonaktifkan OneDrive di Windows 10 maupun di Windows 11. Kamu dapat menonaktifkannya sementara atau permanen, menghentikan OneDrive terbuka otomatis saat PC dihidupkan, dan juga menghapus atau menguninstall OneDrive sepenuhnya.

OneDrive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang dikelola dan dikembangkan oleh Microsoft. OneDrive sudah built-in dan tersinkronasi dengan sistem operasi Windows 11. OneDrive dapat digunakan oleh pengguna Windows 11 untuk menyimpan foto, dokumen, dan data lainnya agar dicadangkan, disinkronkan, dan dapat diakses di semua perangkat kamu yang terhubung ke akun OneDrive pengguna.

Namun terkadang sebagian pengguna Windows 11 tidak ingin menggunakan OneDrive. Entah itu karena sudah memiliki penyimpanan cloud lain seperti Google Drive, atau OneDrive dapat memperlambat koneksi internet karena terus menerus melakukan sinkronasi, ataupun merasa terganggu karena OneDrive otomatis terbuka saat Windows dihidupkan.

Nah untuk mengatasi sejumlah masalah tersebut, pada artikel kali ini Indovirtus akan membahas tentang bagaimana cara menonaktifkan OneDrive dan menghapus installan OneDrive. Langsung saja kamu simak pembahasannya di bawah ini.

Menjeda Sinkronasi OneDrive

Jika kamu ingin menjeda sementara sinkronasi, OneDrive memberi tiga opsi yakni jeda selama 2 jam, 8 jam, hingga 24 jam. Untuk cara-cara seperti berikut.

  • Klik Show hidden Icons yang ada di taskbar.
  • Klik icon OneDrive.
  • Klik icon Settings yang ada di sudut kanan atas.
  • Lalu klik menu "Pause syncing".
  • Pilih waktu jeda yang kamu inginkan.
Pause syncing
Pause syncing OneDrive

Menonaktifkan OneDrive Terbuka Otomatis Saat Windows Dihidupkan

Apakah kamu risih ketika menghidupkan PC, sejumlah aplikasi langsung terbuka dan berjalan otomatis termasuk OneDrive. Kamu dapat menonaktifkan OneDrive terbuka otomatis saat PC dihidupkan mengikuti cara-caranya di bawah ini.
  • Pada Windows Search kamu dapat menuliskan Startup Apps
Startup Apps
Startup Apps
  • Setelah terbuka, scroll ke bawah dan cari Microsoft OneDrive
  • Lalu ubah dari pengaturan Startup OneDrive dari On ke Off
Turn Off Microsoft OneDrive
Turn Off Microsoft OneDrive

Dengan menonaktifkan Startup OneDrive ini, akan sedikit mempercepat PC atau laptop kamu ketika dihidupkan. Karena Windows tidak memerlukan waktu untuk memuat OneDrive hingga selesai.

Menghapus OneDrive dari Windows

Jika kamu memang sudah tidak membutuhkan OneDrive lagi, kamu dapat dengan mudah untuk menghapusnya. Walaupun OneDrive aplikasi bawaan dari Windows, namun Windows tidak melarang pengguna untuk menghapusnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pada Windows Search, tulis dan klik Programs and Features untuk Windows 10 atau Add or Remove Programs untuk Windows 11.
  • Cari Microsoft OneDrive.
  • Klik titik tiga.
  • Lalu klik uninstall.
Uninstall OneDrive
Uninstall OneDrive

Apabila kamu ingin menginstall OneDrive lagi dikemudian hari, kamu dapat mengunduhnya kembali di Microsoft Store.

Penutup

Walaupun OneDrive dapat dikatakan sebagai penyedia penyimpanan cloud terbaik, namun faktanya jumlah pengguna OneDrive masih kalah dengan Google Drive. Selain karena penyimpanan gratis yang diberikan Google Drive lebih besar yakni sebesar 15 GB sedangkan OneDrive hanya 5 GB, kemudahan akses Google Drive juga membuat orang-orang lebih memilih Google Drive.

Sekian artikel Indovirtus tentang "Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 10 dan 11". Ikuti Indovirtus di Google News untuk mendapatkan update informasi tentang Windows lainnya, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar