Cara Mengaktifkan Penghitung Hari (Day Counter) di Minecraft

Cara memasang penghitung hari otomatis atau day counter di Minecraft Java, Pocket Edition, dan Bedrock

day counter minecraft

Sudah lama rasanya Indovirtus tidak membuat artikel tentang Minecraft. Nah kali ini Indovirtus akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan penghitung hari di sebelah kiri layar Minecraft PE atau Bedrock kamu. Dalam Minecraft, 1 hari di dunia Minecraft sama dengan 20 menit di dunia nyata, sedangkan 1 hari di akhirat sama dengan 1000 tahun di dunia nyata (intermezzo sedikit). 

Nah Day Counter ini sangat penting untuk diaplikasikan pada Minecraft kamu, karena sangat membantu kamu apakah sudah berganti hari atau belum. Seperti misalnya, kamu sedang dalam cave dan tidak dapat melihat matahari, apabila Day Counter sudah bertambah 1 hari maka itu menandakan sudah berganti hari di dunia Minecraft.

Selain itu Day Counter juga berfungsi untuk memberitahu kamu sudah berapa hari yang kamu habiskan di world yang sedang kamu mainkan. Daripada panjang lebar lagi, langsung saja kamu simak tutorial memasang penghitung di Minecraft pada penjelasan di bawah ini.

Day Counter Minecraft

day counter minecraft
Tampilan saat sudah masuk ke hari baru

Untuk mengaktifkan penghitung hari di Minecraft, kamu harus menginstall sebuah add on yang bernama Day & Entity Counter. Fungsi utama dari add on ini adalah untuk menghitung hari saat kita sedang survival di world Minecraft, sehingga kamu tidak perlu repot-repot untul menghitung manual.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena add on ini tidak termasuk cheat sehingga kamu tetap mendapatkan achievments saat berpetualang di world Minecraft kamu.

Download Day Counter Minecraft

Pertama download terlebih dahulu add on-nya pada link di bawah ini. Pada link tersebut kamu dapat memilih untuk mendownload salah satu file dengan format Mcpack saja atau ZIP saja. 
Download

Sebenarnya ada banyak add on day counter Minecraft yang beredar di internet. Jika kamu gagal menginstall add on pada link di atas, kamu dapat mencari sendiri mana add on yang cocok dengan versi Minecraft yang sedang kamu mainkan. Karena apabila versi add on berbeda dengan versi Minecraft maka add on tidak dapat berfungsi.

Cara Menginstall Day Counter di Minecraft

Untuk cara instalasinya tergantung file yang kamu pilih.

Untuk file Mcpack, setelah didownload tinggal klik filenya, maka proses instalasi akan berjalan secara otomatis.

Jika kamu memilih format ZIP ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Android:
  • Extract filenya terlebih dahulu.
  • Lalu pindahkan filenya ke /Android/com.mojang.minecraftpe/files/games/com.mojang/resource_packs
Windows: 
  • Press ⊞ Win + R untuk membuka Run
  • Pada kolom Run, ketik %appdata% dan klik Ok
  • Pada folder yang muncul buka folder .minecraft
  • Dalam folder .minecraft, buka resourcepacks folder
  • Letakkan file ZIP yang telah didownload pada folder tersebut
  • Restart world yang telah diinstall datapack atau tulis command /reload

Fitur Fitur Day Counter Minecraft

  • Mengeluarkan suara saat hari baru
  • Fully customizable
  • 6 Display options (Title, Subtitle, Actionbar, Actionbar (Always), Actionbar (With Item), Bossbar)
  • Settings menu
  • Mendukung 2 bahasa
  • Automaticaly counts
  • Help menu

Penutup

Itu dia tadi pembahasan tentang fitur penghitung hari atau day counter untuk game Minecraft serta cara mendownload dan menginstallnya. Jika kamu mengalami kesulitan silahkan sampaikan masalah yang kamu alami pada kolom komentar.

Ikuti Indovirtus di Google News agar tidak ketinggalan update informasi tentang Minecraft lainnya seperti artikel cara melihat hari di Minecraft ini, terima kasih.

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar