7 Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab android lemot padahal tidak ada aplikasi
Indovirtus - Saat ini penggunaan Smartphone tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia zaman sekarang. Hanya dengan menggunakan Smartphone kamu sudah bisa melakukan berbagai kegiatan, kamu sudah bisa menghasilkan uang, bersenang-senang dengan memainkan game, mengerjakan tugas dan masih banyak hal lainnya

Dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan, terkadang pengguna smartphone jadi kebablasan mendownload berbagai macam aplikasi sehingga sering megeluhkan smartphone-nya jadi lemot. Sebenarnya, apa saja penyebab smartphone Android kamu menjadi lambat atau istilahnya lemot? dan bagaimana cara mengatasi android lemot? Berikut akan kami bahas satu-persatu.

Penyebab Smartphone Jadi Lambat


Dengan berkembangnya zaman sudah banyak smartphone Android yang dibekali dengan spesifikasi tinggi dan RAM yang besar, tapi masih ada saja orang yang mengeluhan kinerja smartphone yang lemot. Apakah memang smartphone Android itu gampang lemot, atau ada faktor lain yang menjadi penyebab smartphone lemot? Tentu saja ada. Biar kalian semua dapat mengatasi android lemot, berikut ini Indovirtus memberikan beberapa hal yang bisa menyebabkan smartphone jadi lemot.

1. Dipaksa Bekerja Kelewat Batas


Main game di Smartphone

Sama dengan manusia, smartphone juga memiliki batas kemampuan dalam bekerja. Pengoperasian suatu program secara berlebihan apalagi sampai melewati batas spesifikasi smartphone kamu tentu akan membuat smartphone menjadi lemot. Seperti contohnya smartphone kamu hanya memiliki RAM sebesar 1GB, kamu gunakan untuk menjalankan game yang memiliki spesifikasi minimal RAM 1GB. Jelas akan menjadi lemot karena semua memori digunakan untuk menjalankan satu program, padahal masih banyak program lain yang butuh memori lega.

Selain itu, hindarilah untuk membuka aplikasi berat secara terus menerus. Contoh game berat jangan dibuka bersamaan dengan aplikasi yang juga berat. Karena akan membuat smartphone jadi lemot.

2. Cache yang dibiarkan Menumpuk


Cache menumpuk

Pada dasarnya cache pada smartphone ini berguna untuk mempercepat proses jalannya aplikasi di kemudian hari. Tapi jika dibiarkan menumpuk selama berhari-hari tanpa dibersihkan, jelas akan membebani memori smartphone kamu. Biasakan Clear Cache secara berkala lewat menu Settings - Storage untuk memberikan ruang kosong pada memori smartphone kamu. Saran dari kami bersihkan Cache Smartphone kamu seminggu sekali atau bila perlu bersihkan satu hari sekali. Untuk membersihkan chace di android, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang tersedia di Playstore seperti Clean Master, Chace Cleaner, DU Speed Booster, CCleaner, dan masih banyak lainnya.

3. Memori Internal Penuh


Memori internal penuh

Jika cache didalam smartphone kamu sudah menumpuk kelewat batas maka salah satu dampaknya adalah memori internal jadi penuh. Karena penuh, kamu jadi tidak leluasa menjalankan suatu aplikasi. Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kamu akan kesulitan untuk menyimpan data baru, sehingga berakibat pada lemotnya smartphone.

Tips dari kami agar memori internal smartphone kamu tidak cepat penuh, hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai atau yang jarang kamu gunakan di smartphone android kamu. Dan untuk yang lebih baik lagi gunakan slot MicroSD dengan ukuran yang cukup besar untuk memperbesar memori lebih banyak lagi. Agar lebih baik gunakan Slot MicroSD untuk menyimpan foto dan video serta file musik di smartphone dan biarkan data aplikasi-aplikasi untuk tetap berada di memori Internal.

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang berjalan di Background


aplikasi berjalan di background
Salah satu hal yang membedakan smartphone dengan featured phone adalah kemampuan multitasking-nya. Pada smartphone Android kita bisa dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang telah dibuka sebelumnya lewat menu Recent Apps. Namun dengan adanya fitur ini malah membuat RAM menjadi penuh dan tentunya kinerja Smartphone kamu menjadi lambat. Biasanya aplikasi chatting lah yang sering berjalan di background agar kamu tetap dapat menerima pesan terbaru. Saran dari mimin gunakanlah satu saja aplikasi chatting di Smartphone kamu. Jangan menginstall banyak aplikasi chatting agar RAM smartphone kamu penuh


Semakin banyak aplikasi yang ditumpuk di Recent Apps, semakin banyak pula RAM yang digunakna oleh aplikasi yang berjalan di background. Untuk menghentikannya, sebaiknya kamu Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat menu Settings - Applications.

5. OS dan Aplikasi yang Sudah Ketinggalan Zaman


Cara agar android tidak lemot
Selalu mutakhirkan OS kamu

Biasanya para developer secara rutin menghadirkan pembaruan untuk aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan agar aplikasi tersebut berjalan semakin baik. Jika kamu masih menggunakan software dengan versi lama, jelas akan terasa lemot. Bukan hanya aplikasi, tapi juga sistem operasi (OS) perlu kamu upgrade agar kinerja Smartphone kamu semakin membaik. Selalu rutin untuk melakukan update aplikasi dan sistem operasi terbaru agar smartphone kamu tidak lemot.

6. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Widget


Widget di android dapat meningkatkan konsumsi RAM
Berbagai macam widget yang ada di Android

Dengan adanya widget kamu bisa mendapatkan informasi dari suatu aplikasi secara langsung di Homescreen dan hal ini tentunya juga memperindah Homescreen android menjadi lebih indah. Namun terlalu banyak menggunakan widget dapat meningkatkan konsumsi RAM yang cukup besar. Dengan banyaknya konsumsi RAM maka android kamu akan menjadi lambat. Cara mengatasinya adalah gunakan widget yang kamu anggap penting saja satu sampai tiga widget saja sudah cukup.

7. Gunakan Tema aatau Launcher Default dari Android Kamu


Berbagai macam launcher yang tersedia di Playstore

Mungkin diantara kalian ada yang menggunakan berbagai macam tema untuk memperindah tampilan Homescreen dan navigasi android kamu. Bisa itu tema anime, tema bunga bahkan tema anime-anime yang banyak tersedia di Playstore. Faktanya menggunakan berbagai tema dari pihak ketiga tersebut dapat meningkatkan penggunaan RAM juga. Untuk itu sebaiknya kamu mengguankan tema default bawaan dari Android kamu. 

Akhir kata


Sebagian besar penyebab smartphone android menjadi lemot karena kecilnya RAM yang ditanamkan pada smartphone tersebut. Hal ini lah yang membuat para produsen smartphone berlomba-lomba untuk menjual smarthpone dengan kapasitas RAM yang lebih besar. Untuk smartphone keluaran terbaru rata-rata sudah dibekali dengan RAM yang besar jadi kamu sudah tidak khawatir lagi dengan kata lemot. Jika ada hal yang ingin kamu tanyakan ataupun menambahkan tips mengatasi android lemot silahkan tuliskan di kolom komentar dan kami akan membalas komentar anda secepatnya
Hobi menonton film dan bermain game FPS, kurang suka tidur di malam hari, lebih suka tidur di pagi hari.

2 komentar

  1. kalau punya saya lemot gara2 memory full 😁
  2. saya pernah dengar kalau hp kita lemot kapasitas ram/memory bisa di tambah lagi dengan cara swap memory menggunakan ram manager , bisa request kah min untuk cara tersebut !