5 Tips Cara Main Game Berat di PC Tanpa Lemot

Tips Lancar Memainkan Game HD
Mangkok Games - Sebagian dari gamer mungkin lebih suka bermain game di Personal Computer (PC). Selain sebagai hobi, bermain game juga dapat menghilangkan stres karena tugas yang menumpuk.

Jika kamu ingin bermain game berat di PC, pasti kamu pernah mencari tau terlebih dahulu apakah PC kamu sudah cukup kuat untuk menjalankan game itu. Ditambah lagi game-game zaman sekarang memiliki tampilan grafis tinggi. Pada postingan kali ini Mangkok Games akan membagian tips untuk memainkan game berat di PC dengan lancar. Jika PC kamu memang memiliki spesifikasi yang rendah jangan dipaksain ya.

Tips Bermain Game Berat Di Dengan Lancar


1. Upgrade OS kamu ke Windows 10


Windows 10

Tips yang pertama adalah upgrade PC kamu ke Windows 10. Kalau PC kamu masih sanggup untuk upgrade ke Windows 10, segera lakukan ! Karena Windows 10
sudah mendukung DirectX 12 yang akan membuat game-game yang mau kamu mainkan terasa lebih optimal. Kenapa? Karena Microsoft telah melakukan desain ulang pada graphics API DirectX 12 sehingga memiliki kemampuan yang lebih baik dan lebih efisien dibandingkan generasi sebelumnya.

Tiga komponen terpenting untuk bermain game adalah Processor, RAM, dan Video Graphics Card. Pada DirectX 12 mempunyai graphics API yang lebih optimal ke bagian hardware, yaitu graphic card. Apalagi jika kamu menggunakan VGA AMD ATI Radeon

2. Ubah Mode Baterai ke Mode High Performance

Ubah mode baterai

Kamu dapat meningkatan kinerja CPU pada PC sehingga memimiliki kecepatan ynag lebih tinggi namun tetap dalam zona amannya dengan cara mengaktfikan mode high performance. Mode ini dapat meningkatkan kinerja screen, HardDisk, WiFi, dan komponen lain. Untuk laptop mungkin akan sedikit lebih cepat menguras baterai daripada mode Balance atau Power Saver. Adapun cara mengaktifkannya dengan klik kanan pada ikon baterai di taskbar, lalu klik Power Options.

cara mengaktifkan mode high performance


3. Setting Graphic Driver

2 pengembang grapich card terbaik saat ini

Untuk tips ketiga kamu bisa mengatur driver graphic. Kita ketahui bersama bahwa AMD ATI Radeon dan NVIDIA GeForce merupakan 2 pengembang graphic card terbaik saat ini. Jika kamu mempunyai salah satu graphic card andalan mereka, percuma kalau kamu belum mengatur driver graphic-nya. Adapun cara-caranya sebagai berikut :

·        AMD ATI Radeon


Untuk graphic card AMD ATI Radeon :

1. Klik kanan Desktop > Graphics Properties atau Start Menu > cari AMD Catalyst Control Center.
2. Klik Gaming > 3D Application Settings lalu ikuti settingan di bawah ini:



3. Klik kanan Desktop lagi > Configure Switchable Graphics.
4. Setting semua aplikasi game menjadi High Performance seperti gambar di bawah ini:



5. Dan selesai

NVIDIA GeForce

Untuk NVIDIA GeForce :


1. Klik kanan pada Desktop kemudian pilih NVIDIA Control Panel.
2. Pilih Manager 3D Setting.
3. Ubah Preferred Graphics Processor dari Auto select ke High-performance NVIDIA processor, seperti gambar di bawah ini:


4.Masuk ke NVIDIA Control panel.
5.Pilih Adjust image setting with preview.
6.Kemudian pilih Use my preference empahasizing, lalu ubah tanda panah ke kiri untuk mendapatkan
performa yang optimal.


Atau kamu bisa menggunakan opsi yang satu ini :




4. Hindari Multitasking yang Berlebihan


Membuka terlalu banyak aplikasi dapat membuat PC jadi lemot
Sebisa mungkin hindari multitasking atau membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Selain dapat menyebabkan memori RAM menjadi penuh, dapat juga membuat CPU bekerja lebih keras lagi, misalkan kamu melakukan proses rendering video atau animasi, kalau bisa hindari untuk membuka game karena dapat membebankan CPU. Ya terkecuali kalau kamu punya PC dengan spesifikasi tingkat tinggi

5. Hindari Suhu Panas Yang Berlebihan (Overheat)


Jangan sampai laptop kamu Overheat !
Suhu panas pada PC atau laptop disebabkan oleh berbagai faktor, terutama GAME! Aturlah waktu kamu untuk bermain game agar waktu yang digunakan tidak terlalu berlebihan yang dapat mengakibatkan PC kamu menjadi panas atau overheat! Jika komponen PC panas, kinerja PC akan melemah dan proses gaming akan menurun karena komponen tidak bekerja secara maksimal.

Itulah beberapa tips atau cara main game berat dengan lancar yang dijelaskan pada artikel ini, jika kamu punya tips lain, tulis dikolom komentar ya…!

And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar