Tips Merawat Lensa Kamera Smartphone


Hasil foto yang dijepret dari kamera smartphone kamu terlihat buram dan kurang detail? Hal ini bisa saja disebabkan karena lensa kamera yang tertanam di smartphone kamu sudah tidak mumpuni karena pemakaian yang kurang baik. Masalah yang kerap terjadi adalah lensa kamera memiliki goresan halus atau baret sehingga mengakibatkan hasil foto tidak maksimal. Hal itu bahkan bisa membuat kamera sulit menangkap objek dengan fokus yang ditetapkan.

Mungkin kamu tidak sadar kalau smartphone yang setiap harinya kamu taruh di saku celana atau tas sering terbentur permukaan yang kasar, seperti kunci, partikel debu, dan objek kecil lainnya sehingga membuat lensa kamera mudah tergores. Goresan umumnya terjadi pada lapisan "Oleophobic coating",  yang mana lapisan tersebut sebenarnya bukan berasal dari lensa terdalam, sehingga sangat mudah dan memungkinkan kamu untuk dapat menghilangkan goresan.

Beberapa Tips Merawat Lensa Kamera Smartphone :


1. Lap menggunakan kain yang lembut


Agar kamera lensa terhindar dari goresan, bersihkan secara teratur sehingga lensa kamera terbebas dari debu. Dengan demikian, hasil foto terlihat cerah alias tidak blur ketika digunakan. Hal yang harus diingat adalah jangan membersihkannya dengan sembarang lap. Gunakan jenis kain yang lembut agar tidak terjadi goresan pada permukaan kamera.

Supaya lebih maksimal, lipat kain seperti segitiga sehingga menciptakan sudut tajam untuk membersihkan bagian celah lensa yang sulit terjangkau. Lalu gunakan sikat blower kecil untuk menghilangkan debu dan kotoran dari lensa secara menyeluruh.

2. Jangan pernah meniup lensa kamera

Jangan meniup lensa dengan mulut karena bisa beresiko terkena air liur yang mengandung zat asam sehingga dapat merusak lapisan kamera.

3. Hindari dari sinar matahari langsung

Buat anda yang selalu foto-foto outdoor , jangan sampai kamera hp anda langsung terkena sinar matahari karena akan merusak lensa kamera dengan cepat.

3. Jauhkan dari kapur barus

Tahukah kamu apa itu kapur barus ? yups salah satu bahan alam yang sangat terkenal dan konon digunakan pula pada mumi firaun sehingga awet. Kaitannya dengan kamera, hindari dari kapur barus ini karena zat didalamnya dapat merusak sirkuit lensa kamera dengan cepat atau bahkan tidak bisa digunakan lagi.

4. Hindari dari air laut

Bagi kamu yang selalu suka meluangkan waktunya berlibur ke pantai, jangan sampai smartphone kamu bersentuhan dengan air laut karena air laut sejatinya dapat merusak logam yang mudah berkarat, jadi jika kamera smartphone kamu ingin awet cobalah hati-hati jangan sampai terkena air laut.

5. Hindari barang elektronik yang mengandung magnet

Hal ini yang paling sering dilakukan para pengguna smartphone. Hindarilah meletakkan smartphone didekat benda didekat magnet seperti komputer dan televisi. Karena magnet dapat mengubah susunan komponen dalam smartphone kamu apalagi dibagian kamera.
And in the end the love you take is equal to the love you make.

Posting Komentar